SUNAT AMAN GAK SIH? SIMAK 7 FAKTA MENGENAI SUNAT YUK!

January 05, 2024 | Dea

pengertian sunat, proses sunat, penis di sunat, sirkumsisi adalah, sunat berbahaya, tujuan sunat, arti circumcision, sunat bahasa medis, yesdok

Sobat Yesdok, Istilah sunat atau khitan pasti familiar bagi anda. Sunat adalah prosedur bedah yang umum dilakukan pada laki-laki di berbagai budaya dan agama, tetapi ada banyak fakta medis yang mendukung manfaat dan keselamatan sunat. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

7 Fakta Mengenai Sunat

Berikut ini beberapa fakta terkait prosedur sunat, antara lain:
 

1. Definisi dan Tujuan Sunat

Sunat adalah prosedur bedah di mana kulit yang melindungi kepala penis (kulup) diambil. Tujuan sunat dapat beragam, seperti agama, budaya, atau medis. Sunat adalah pilihan yang dipilih oleh beberapa orang karena alasan agama, estetika, atau kebersihan.
 

2. Kelebihan Kebersihan

Salah satu alasan umum untuk melakukan sunat adalah untuk meningkatkan kebersihan genital. Sunat dapat membantu mencegah penumpukan kotoran di bawah kulup yang dapat menyebabkan infeksi. Namun, penting untuk diingat bahwa kebersihan yang baik juga dapat dicapai dengan perawatan rutin pada organ genital.
 

3. Potensi Manfaat Kesehatan

Sunat juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang menjalani sunat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker penis, infeksi saluran kemih, dan beberapa penyakit menular seksual.
 

4. Prosedur Sunat

Di lingkungan yang steril, prosedur ini dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih, seperti dokter atau ahli bedah. Usia dan preferensi pasien menentukan penggunaan anestesi lokal atau umum.
 

5. Usia dan Keamanan Sunat

Keamanan bayi dan anak-anak sangat penting. Sunat umumnya aman untuk bayi. Meskipun demikian, resiko dan keuntungan harus dipertimbangkan dengan cermat. Sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur ini, sangat penting bahwa orang tua dan tenaga medis berbicara secara menyeluruh.
 

6. Perawatan Pasca Sunat

Perawatan setelah sunat sangat penting. Area yang dioperasi harus dibersihkan, dan ikuti petunjuk dokter tentang perawatan luka dan perubahan perban.
 

7. Perspektif Kesehatan Mental

Meskipun sunat memiliki beberapa keuntungan medis, efek psikologis dan emosional individu juga harus dipertimbangkan. Mendapatkan pengetahuan dan dukungan yang memadai tentang prosedur ini dapat membantu mengurangi efek psikologis yang mungkin timbul.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 


Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/circumcision/about/pac-20393550

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/circumcision

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/16194-circumcision

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK535436/

 

YesDok Ads