TERASA NYERI DI VAGINA SAAT TERANGSANG, SIMAK PENJELASANNYA YUK

November 13, 2023 | Dea

Nyeri vagina, nyeri saat terangsang, sakit pada vagina, sakit saat terangsang, kontraksi otot vagina, vagina tegang, orgasme, anxiety, disfungsi dasar panggul, sinyal seksual pada otak, yesdok

Sobat Yesdok, khususnya wanita, pernahkah anda mengalami rasa nyeri atau sakit di area sekitar vagina saat merasa terangsang ketika menonton atau membaca sesuatu yang meningkatkan gairah seksual anda? Kondisi ini tentunya membuat anda bertanya-tanya apakah berdampak ataukah anda mengidap penyakit tertentu?

 

Untuk  mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini, sebagai berikut.






 

Penyebab Nyeri Vagina 


 

Kondisi nyeri pada vagina karena terangsang meskipun tidak melakukan aktivitas seksual, termasuk masturbasi merupakan hal yang jarang terjadi. Namun hal ini memiliki kemungkinan terjadi karena reaksi dari kontraksi otot vagina mengalami ketegangan yang intens. Hal ini dapat menyebabkan reaksi nyeri dan sensasi pada vagina.
 

Umumnya reaksi nyeri pada vagina disebabkan oleh faktor anxiety dan masalah emosional lainnya.  Nyeri saat bergairah atau terangsang dapat terjadi karena jika terjadi rangsangan seksual pada tubuh, maka aliran darah akan menjadi sangat cepat mengalir menuju otot vagina. Karena pergerakan yang cepat dan intens ini wanita akan merasakan nyeri dan sakit pada vaginanya yang disebabkan kemacetan pada panggul. 
 

Ketika terangsang baik wanita atau pria kemungkinan akan mengalami rasa nyeri tersebut, karena darah lebih terfokus mengalir ke alat kelamin, jika seseorang tidak orgasme bertahan hingga satu jam, maka darah yang tersisa dapat menyebabkan denyut nadi terganggu.  
 

Darah yang mengalir menuju vagina akan menyebabkan dinding membentang lebar, hal ini menyebabkan penghalang secara alami memberikan sinyal kepada otak, sehingga menciptakan sensasi nyeri dan sakit pada vagina, kondisi ini disebut sebagai disfungsi dasar panggul.


 

Berikut ini gejala yang dirasakan saat seseorang merasakan nyeri saat terangsang, antara lain:

 

  • Terasa nyeri dan sakit di vagina
     
  • Terasa kesemutan di klitoris
     
  • Kontraksi vagina
     
  • Merasakan sensasi tekanan pada vagina
     
  • Vagina terasa berdenyut
     
  • Vagina terasa geli dan sakit bersamaan






 

REFERENSI


 

https://www.myendometriosisteam.com/questions/596814c36b4dcc3c4263d14f/pain-when-aroused

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/23998-persistent-genital-arousal-disorder

https://health.okezone.com/read/2017/09/29/481/1785443/miss-v-nyeri-saat-bergairah-ini-penyebab-utamanya

 

YesDok Ads