SIMAK 6 CARA MENCEGAH ROBEKAN SAAT PERSALINAN NORMAL!

January 04, 2024 | Dea

vagina robek saat melahirkan, cara cegah vagina robek, pasca melahirkan, cara melahirkan normal vagina tidak robek, robek vagina bagian atas setelah melahirkan, vagina robek melahirkan, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun persalinan normal adalah peristiwa yang tidak dapat dilupakan, banyak ibu hamil khawatir tentang robekan perineum. Meskipun beberapa robekan mungkin tidak dapat dihindari, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko yang lebih besar.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Cara Cegah Robekan Saat Melahirkan

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah robekan saat persalinan normal, antara lain:


1. Peregangan Perineum

Selama kehamilan, anda dapat mempersiapkan perineum untuk persalinan dengan melakukan latihan peregangan perineum, seperti pijat perineum dengan minyak tertentu, yang dapat meningkatkan keelastisan kulit dan mengurangi resiko robekan.
 

2. Posisi Persalinan yang Optimal

Posisi persalinan dapat memengaruhi kemungkinan robekan. Posisi seperti duduk atau miring dapat membantu mengurangi tekanan pada perineum.
 

3. Teknik Pendorong yang Efektif

Belajar teknik pendorong yang efektif dapat membantu anda mengontrol laju persalinan dan menghindari robekan. Mengikuti instruksi yang diberikan oleh tenaga medis atau bidan tentang teknik mengejan yang benar dapat membantu mengurangi tekanan yang dialami perineum.
 

4. Pemakaian Minyak Pelumas

Petugas medis dapat menggunakan minyak pelumas selama persalinan untuk mengurangi gesekan perineum dan membuat kulit lebih elastis.
 

5. Intervensi yang Bijaksana

Intervensi medis mungkin diperlukan dalam beberapa keadaan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi, tetapi intervensi yang berlebihan dapat meningkatkan risiko robekan.
 

6. Pemakaian Panas dan Teknik Relaksasi

Membantu mengurangi ketegangan pada perineum selama fase persalinan adalah menggunakan kompres panas dan teknik relaksasi seperti bernapas dalam dan fokus pada relaksasi otot.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/expert-answers/preventing-vaginal-tearing-during-childbirth/faq-20416226

https://www.lancastergeneralhealth.org/health-hub-home/motherhood/your-pregnancy/real-talk-vaginal-tearing-during-childbirth

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21212-vaginal-tears-during-childbirth

 

YesDok Ads