RAMADHAN TELAH TIBA! PAHAMI 6 MANFAAT BERPUASA BAGI ORGAN TUBUH

March 06, 2024 | Dea

manfaat puasa, manfaat puasa bagi kesehatan, manfaat puasa bagi ibu menyusui, manfaat puasa bagi tubuh, manfaat puasa di bulan ramadhan, manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan, apa manfaat puasa bagi kesehatan, yesdok

Sobat Yesdok, bulan Ramadhan membawa banyak berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Muslim menjalankan ibadah puasa sebagai salah satu dari lima rukun Islam selama bulan ini. Puasa Ramadhan memiliki banyak manfaat kesehatan fisik selain nilai-nilai spiritualnya. Artikel di bawah ini akan membahas enam manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Manfaat Berpuasa 

Berikut adalah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh seseorang, antara lain:
 

1. Detoksifikasi dan Regenerasi Sel

Selama puasa, sistem pencernaan kita mendapatkan waktu untuk bersantai. Tubuh dapat menghabiskan energi untuk proses detoksifikasi dan regenerasi sel jika tidak makan selama berjam-jam. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology (NCBI), puasa dapat meningkatkan proses autophagy, yang membantu membersihkan zat berbahaya dari sel dan memperbaiki kerusakan sel.
 

2. Penurunan Berat Badan dan Kontrol Glukosa Darah

Ramadhan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau mengontrol gula darah karena jadwal makan yang ketat memungkinkan tubuh membakar cadangan lemak untuk menghasilkan energi. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Medical News Today juga menunjukkan bahwa sensitivitas insulin seseorang dapat meningkat saat berpuasa, yang berguna untuk mengontrol gula darah.
 

3. Peningkatan Fungsi Kognitif

Puasa dapat membantu kesehatan otak dan fungsi kognitif karena memicu pelepasan hormon yang membantu fungsi otak, seperti faktor neurotropik yang berasal dari otak (BDNF). Hormon-hormon ini dapat meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan belajar.
 

4. Peningkatan Kesehatan Jantung

Selain itu, telah terbukti bahwa puasa baik untuk kesehatan jantung. Dengan meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi asupan makanan, risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, obesitas, dan kadar kolesterol dapat dikurangi. Puasa dapat meningkatkan profil lipid dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
 

5. Pemulihan Sistem Pencernaan

Puasa juga memberi sistem pencernaan kita waktu untuk beristirahat dan mengatur kembali. Ini dapat membantu mengurangi gejala masalah pencernaan seperti kembung, asam lambung, dan sembelit.
 

6. Meningkatkan Kesadaran Spiritual dan Kesejahteraan Emosional

Selain itu, puasa Ramadhan membawa manfaat spiritual dan emosional yang signifikan. Banyak orang mengalami peningkatan kesejahteraan mental dan emosional selama bulan suci ini karena menjadi lebih sadar diri dan meningkatkan hubungan spiritual.

Jadi, puasa Ramadhan bukan hanya ibadah spiritual, tetapi juga kesempatan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Mari kita sambut bulan suci ini dengan semangat dan memperhatikan kesehatan tubuh dan jiwa kita dengan memahami manfaatnya.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8754590/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/295914#The-health-risks-of-fasting

https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/ramadan/how-ramadan-can-boost-your-health-and-wellbeing

 

YesDok Ads