SIMAK 7 GEJALA AWAL GAGAL GINJAL, HATI-HATI BESTIE!

December 19, 2023 | Dea

gejala awal gagal ginjal, tanda awal gagal ginjal, ciri gagal ginjal, gejala penyakit gagal ginjal, apa gejala gagal ginjal, tanda gejala gagal ginjal, apa gejala penyakit ginjal, tanda gejala sakit ginjal, yesdok

Sobat Yesdok, anda perlu tahu terkait penyakit gagal ginjal juga dikenal sebagai penyakit ginjal akut atau kronis, adalah ketika ginjal kehilangan sebagian atau seluruh kemampuan untuk melakukan fungsi normalnya. Ginjal sangat penting untuk menyaring darah, menghilangkan limbah, menjaga keseimbangan air dan elektrolit, dan menghasilkan hormon-hormon yang tubuh butuhkan. Gagal ginjal terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan atau gangguan yang mengurangi kemampuan mereka untuk melakukan fungsi ini dengan baik.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Gejala Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah kondisi serius yang dapat terjadi secara perlahan dan tanpa gejala yang jelas. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali tanda-tanda awal yang mungkin muncul sebagai berikut. 
 

1. Gagal Ginjal Akut

  • Seringkali terjadi dalam hitungan jam atau hari
  • Dapat disebabkan oleh infeksi, cedera, obstruksi saluran kemih, atau kerusakan pembuluh darah ginjal yang terjadi secara tiba-tiba
     

2. Gagal Ginjal Kronis

  • Perlahan berkembang selama beberapa bulan atau bahkan tahun
  • Penyebab umum termasuk kondisi jangka panjang seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal polikistik
     

Berikut adalah 7 gejala awal gagal ginjal yang perlu diwaspadai, berdasarkan informasi dari sumber-sumber kesehatan terpercaya seperti Health Direct Australia, National Kidney Foundation (NKF), Life Options, dan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), antara lain:
 

1. Penurunan Fungsi Ginjal

Pada tahap awal gagal ginjal, gejala utamanya adalah penurunan fungsi ginjal, yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyaring limbah dan cairan berlebih.
 

2. Perubahan Warna dan Bau Urin

Warna dan bau urin dapat menunjukkan masalah ginjal. Perhatikan urin yang berbusa, berwarna gelap, atau memiliki bau yang tidak biasa.
 

3. Peningkatan Tekanan Darah

Monitoring tekanan darah secara teratur sangat penting untuk mengidentifikasi perubahan yang mungkin terkait dengan gangguan ginjal karena gangguan ginjal mengganggu keseimbangan air dan garam dalam tubuh.
 

4. Pembengkakan (Edema)

Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, wajah, atau area lainnya dapat menjadi tanda bahwa ginjal tidak dapat mengeluarkan cairan dengan benar karena gagal ginjal.
 

5. Kelelahan dan Kelemahan

Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, tubuh dapat menampung racun, yang dapat menyebabkan Anda lelah, lemah, dan kekurangan energi. Konsultasikan dengan dokter segera jika Anda merasa lelah secara tiba-tiba atau terus-menerus.
 

6. Gangguan Pada Pencernaan

Penumpukan racun dalam darah akibat gagal ginjal dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, muntah, atau hilangnya nafsu makan.
 

7. Gatal-Gatal dan Kulit Kering

Gagal ginjal dapat menyebabkan gatal pada kulit dan kulit kering, yang merupakan gejala potensial dari gangguan ginjal.
 

 

Penting untuk diingat bahwa gejala-gejala ini dapat berbeda dari orang ke orang, dan beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala sama sekali pada awalnya. Segera hubungi dokter Anda untuk pemeriksaan dan perawatan yang tepat jika Anda mengalami gejala atau faktor risiko yang mencurigakan. Untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, pencegahan dan deteksi dini sangat penting.

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter. Karena penyebab ini dapat membuatnya rentan mengalami komplikasi di masa depan.

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthdirect.gov.au/kidney-failure 

https://www.kidney.org/news/ekidney/august14/10_Signs_You_May_Have_Kidney_Disease

https://lifeoptions.org/learn-about-kidney-disease/kidney-disease-symptoms/

https://www.niddk.nih.gov/health-information/kidney-disease/kidney-failure/what-is-kidney-failure

 

YesDok Ads