KENAPA SIH KULIT DI DAUN TELINGA BERKERAK? SIMAK PENYEBABNYA YUK

November 13, 2023 | Dea

Penyebab kulit telinga kering, daun telinga berkerak, kulit telinga gatal, kulit telinga bersisik, kulit telinga terkelupas, eksim telinga, dermatitis seboroik, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda mengalami kondisi yang membuat kulit di sekitar daun telinga anda menjadi kering dan terkelupas seperti berkerak? Meskipun telah melakukan berbagai upaya untuk melembabkannya, seperti mengoles dengan oil khusus kulit tetap saja di hari berikutnya terjadi lagi. Sebenarnya kenapa sih hal ini terjadi?
 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.






 

Penyebab Kulit Telinga Berkerak

 

Kulit telinga kering atau berkerak merupakan tanda kondisi eksim telinga atau psoriasis dan dermatitis seboroik. Telinga berkerak juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan seperti perubahan suhu, paparan zat pemicu alergi dan infeksi telinga.
 

Hal lainnya yakni karena seseorang terlalu sering membersihkan telinga secara berlebihan. Sehingga membuat minyak alami pada kulit telinga menghilang,  hal ini tentunya dapat menyebabkan kekeringan pada kotoran telinga (cerumen) yang fungsinya untuk melindungi saluran telinga yang halus.  Kotoran telinga sifatnya asam yang mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.
 

Jika kekeringan terjadi berkepanjangan, hal ini dapat membuat kulit pada saluran hingga daun telinga mengelupas, gatal dan timbul keretakan kecil yang membuat kulit menumpuk dan mengeras.  

 

Berikut ini penyebab munculnya kerak pada telinga, antara lain:

 

  • Berada di suhu yang dingin
     
  • Berenang
     
  • Alergi rinitis
     
  • Terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama
     
  • Terpapar bahan kimia dari produk perawatan rambut
     
  • Allergen yang berpindah dari tangan ke telinga
     
  • Otitis eksterna




 

Berikut ini kondisi penyakit yang mungkin terjadi pada kulit telinga yang berkerak, antara lain:
 

  • Eksim, yaitu kondisi kekeringan pada kulit telinga yang terjadi pada daun telinga, conchal bowl (area di luar lubang telinga), saluran telinga, gendang telinga (membran timpani) dan lipatan telinga.
     
  • Psoriasis, yaitu kondisi kelainan autoimun yang menyebabkan sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dari pada pengelupasannya. Hal ini dapat membuat gatal pada kulit, bercak kering, bersisik dan kemerahan.

 

  • Dermatitis Seboroik, yaitu kondisi  peradangan pada kulit yang dipicu karena paparan jamur Malassezia. Kondisi ini bercak dan bersisik pada kulit.



 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter THT. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.





 

 

REFERENSI


 

https://www.verywellhealth.com/crusty-ears-5191716

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319248#treatment

https://eczema.org/information-and-advice/types-of-eczema/ear-eczema/

 

YesDok Ads