JOY LOBO DI FILM 3 IDIOTS BUNUH DIRI ATAU PEMBUNUHAN PASIF? KENALI PERBEDAANNYA YUK!

November 01, 2023 | Dea

bunuhdiri, pembunuhan, pasif, suicidal, 3idiots, film, india, aamirkhan, pendidikan, mentalhealth, mentalissues, kematian, yesdok

Sobat YesDok, tahukah anda film yang sempat trending terkait pendidikan berasal dari India yang berjudul 3 Idiots. Pastinya film ini sudah tidak asing lagi ditelinga karena pesan dan edukasi yang terdapat dalam film ini tersampaikan dengan sangat baik.

 

Selain membawa topik kerasnya pendidikan di lingkungan mahasiswa, film ini juga mengangkat issue kesehatan mental. Salah satu scene yang menampilkan dengan jelas yaitu karakter Joy Lobo  seorang mahasiswa pintar yang pada akhirnya  memutuskan mengakhiri hidupnya karena tertekan dengan tugas akhirnya.


 

Namun salah satu ungkapan yang cukup menggetarkan dari Rancho yang mempertanyakan kepada dosennya yang kejam yakni, apakah kematian Joy Lobo benar-benar bunuh diri atau pembunuhan secara pasif? 



 

Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut.







 

Perbedaan Bunuh Diri & Pembunuhan Pasif


 

Bunuh diri merupakan suatu keputusan dan tindakan mengakhiri hidup yang dilakukan secara sadar oleh seseorang. Pemicunya beragam, namun secara umum karena tekanan mental yang berasal dari lingkungannya sehingga mempengaruhi psikologisnya.
 

Sedangkan pembunuhan pasif merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang secara influensi atau mempengaruhi seseorang dari alam bawah sadarnya untuk meyakininya bahwa eksistensinya tidak dibutuhkan dan tidak berguna di dunia, sehingga hal ini menurunkan harga diri dan semangat hidup seseorang. Pada akhirnya pembunuhan pasif membuat korbannya untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

 

Berdasarkan kasus yang terjadi di film idiots, kematian Joy Lobo secara jelas terjadi atas kehendaknya sendiri. Namun pemicunya terjadi karena intimidasi yang terjadi terhadap dirinya sehingga meyakini dirinya bahwa sudah tidak ada masa depan bagi kehidupannya.

 

Meskipun pembunuhan secara pasif tidak bisa dijelaskan dan dibuktikan dengan jelas dan terlihat. Tetapi dapat diwaspadai pemicunya eksternalnya berdasarkan keseharian, interaksi sosial dan gaya hidupnya.



 

Selain itu perbedaan signifikan antara bunuh diri dan pembunuhan dapat dipicu oleh beberapa hal di bawah ini, antara lain:

 

  • Berdasarkan motif dan jejak kematian
     
  • Latar belakang kehidupan seseorang
     
  • Lingkungan sosial
     
  • Pekerjaan dan kegiatan yang sedang berlangsung
     
  • Masalah riwayat kesehatan fisik dan gangguan mental
     
  • Masalah keuangan atau finansial
     
  • Riwayat fobia dan trauma
     
  • Riwayat keluarga
     
  • Bukti autopsi atau rekam medis




 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat pemicu yang mengarah pada bunuh diri atau pembunuhan pasif, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada psikolog. Karena penyebab ini dapat membuatnya membulatkan tekad untuk mengakhiri hidupnya. 

 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.





 

REFERENSI



 

https://cga-solutions.com/homicide-or-suicide-the-differences/

https://www.writing-world.com/mystery/suicide.shtml

YesDok Ads