KENAPA SIH AIR LIUR SERING MENGENTAL? SIMAK PENYEBABNYA YUK

November 13, 2023 | Dea

Penyebab air liur mengental, dehidrasi, mulut kering, penyakit autoimun, sjogren, fibrosis kistik, merokok, kebiasaan mulut,  kelenjar saliva, yesdok

Sobat Yesdok, apakah anda sering mengalami kondisi air liur yang menggumpal atau mengental? Tentunya hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda, karena dapat menyebabkan hambatan saat berbicara, menelan dan mengganggu penampilan anda karena sering menumpuk di sekitar ujung bibir.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.






 

Penyebab Saliva Mengental


 

Saliva dapat mengental karena kondisi dehidrasi atau pernapasan melalui mulut. Saliva atau air liur merupakan cairan tubuh yang disekresikan oleh kelenjar ludah. Air liur berfungsi untuk melumasi mulut dan membantu proses pencernaan. Kondisi normal pada saliva yakni teksturnya yang encer seperti seperti air namun sedikit lengket. 
 

Kondisi saliva yang mengental disebabkan karena mulut yang kering, hal ini tentunya terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Kelenjar ludah terletak di sekitar mulut dan tenggorokan. Kelenjar ini menghasilkan saliva yang kemudian dipompa menuju mulut melalui saluran air liur.

 

 

Berikut ini jenis - jenis kelenjar ludah, antara lain: 

 

  • Parotis, terletak di pipi antara bagian depan telinga dan gigi terakhir. 
     
  • Submandibular, terletak di bawah lidah, di kedua sisi rahang (mandibula). 
     
  • Sublingual, terletak di dasar mulut.
     
  • Kelenjar ludah kecil, terletak di sekitar mulut, termasuk pipi bagian dalam dan tenggorokan.


     

Berikut ini penyebab air liur menjadi kental, antara lain:

 

  • Mulut Kering, kondisi ini dikenal sebagai xerostomia  merupakan kondisi saat mulut tidak menghasilkan cukup air liur. Penyebab utamanya karena dehidrasi yang dapat membuat air liur menjadi kental dan lengket.

     
  • Penyakit Sjogren, kondisi ini merupakan autoimun, menyebabkan peradangan pada kelenjar ludah yang menghasilkan air liur. Kondisi ini menyebabkan mulut menjadi kering dan air liur mengental.

     
  • Fibrosis Kistik, kondisi ini karena faktor genetik yang menyebabkan penumpukan  lendir di paru-paru dan sistem pencernaan. Kondisi ini membuat air liur mengental. Selain itu dapat menyebabkan peradangan dan masalah pada indera perasa lidah.

     
  • Kebersihan mulut, jika tidak menjaga kebersihan mulut maka akan menyebabkan penumpukan bakteri di mulut. Sehingga membuat air liur menjadi kental dan lengket. 

     
  • Kebiasaan Merokok,  kondisi ini dapat menyebabkan air liur mengental dan sulit menelan. Air liur yang lengket dapat menempel di gusi dan gigi, sehingga dapat mendorong pertumbuhan bakteri.





 

REFERENSI



 

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/dry-mouth

https://www.medicalnewstoday.com/articles/thick-saliva#causes

https://districtdentistryclt.com/dental-tips/common-causes-of-sticky-saliva-and-home-remedies/

 

YesDok Ads