6 CARA ATASI NGANTUK SAAT BERPUASA, TERAPIN YUK!

March 13, 2024 | Dea

cara mengatasi ngantuk saat puasa, mengatasi ngantuk pada saat puasa, cara mengatasi ngantuk saat berpuasa, cara mengatasi ngantuk saat bulan puasa, cara mengatasi ngantuk saat kerja di bulan puasa, yesdok

Sobat Yesdok, Bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk beribadah, berpikir, dan meningkatkan hubungan spiritual dengan Allah SWT. Umat Muslim berpuasa dari fajar hingga terbenam matahari, menahan diri dari makan dan minum untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan pengendalian diri. Namun, terkadang menjaga energi dan vitalitas selama berpuasa bisa menjadi tantangan, terutama ketika mulai mengantuk.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Cara Atasi Kantuk Saat Puasa

Untuk membantu mengatasi ngantuk saat berpuasa, berikut adalah 6 cara yang bisa anda terapkan, antara lain:
 

1. Pilih Makanan yang Tepat saat Berbuka

Saat berbuka, konsumsilah karbohidrat kompleks, protein, serat, dan lemak sehat untuk mendapatkan energi yang tahan lama dan tetap terjaga selama malam.
 

2. Hindari Makanan yang Memicu Kebasahan

Makanan olahan dan manis, yang mengandung gula sederhana dan karbohidrat cepat, dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan energi yang signifikan, yang meningkatkan risiko ngantuk.
 

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selama berbuka dan sahur, pastikan anda minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi karena kekurangan cairan dapat menyebabkan rasa ngantuk dan penurunan energi.
 

4. Jaga Pola Tidur yang Teratur

Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk memastikan bahwa anda mendapatkan cukup tidur malam.
 

5. Bergerak dan Beraktivitas

Setelah berbuka, lakukan aktivitas ringan seperti jalan-jalan atau shalat sunnah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh tetap terjaga.
 

6. Istirahat Singkat dan Tidur Siang yang Sehat

Jika memungkinkan, anda dapat mengatasi rasa ngantuk dengan tidur singkat atau tidur sejenak di siang hari. Namun, pastikan anda tidak tidur terlalu lama agar tidak mengganggu rutinitas tidur malam hari.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/ramadan/5-tips-for-more-energy-during-ramadan

https://www.britishcouncilfoundation.id/en/english/articles/stay-motivated-ramadan

https://www.undp.org/iraq/blog/10-ways-keep-healthy-and-fit-while-staying-home-during-ramadan

 

YesDok Ads