KENAPA SERING LAPAR? SIMAK 5 PENYEBABNYA YUK

January 30, 2024 | Dea

selalu lapar, penyebab sering lapar, apa penyebab lapar terus, kenapa sering lapar, sering merasa lapar, kenapa selalu merasa lapar, penyebab selalu lapar, kenapa perut sering lapar, yesdok

Sobat Yesdok, sering lapar bisa menjadi tanda beberapa kondisi kesehatan atau kebiasaan hidup yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah lima penyebab umum mengapa orang sering merasa lapar.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Penyebab Sering Lapar

Berikut merupakan beberapa penyebab seseorang sering merasa lapar, antara lain:
 

1. Kurangnya Tidur dan Gangguan Tidur

Kurang tidur atau gangguan tidur adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, meningkatkan produksi ghrelin, yang dikenal sebagai hormon lapar, dan menurunkan produksi leptin, yang dikenal sebagai hormon kenyang. Akibatnya, orang yang kurang tidur cenderung merasa lapar lebih sering.
 

2. Polusi Cahaya dan Ritme Sirkadian yang Terganggu

Polusi cahaya pada malam hari, terutama dari perangkat elektronik seperti ponsel atau komputer, dapat mengganggu ritme sirkadian dan produksi hormon yang mengatur nafsu makan. Ini juga dapat mempengaruhi respons tubuh terhadap rasa lapar dan kenyang, serta produksi melatonin.
 

3. Kurangnya Protein dalam Diet

Seringkali, rasa lapar disebabkan oleh diet yang kurang protein. Protein memainkan peran penting dalam memberikan rasa kenyang yang tahan lama, dan tubuh mungkin merasa perlu mengonsumsi lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
 

4. Stres dan Kondisi Emosional

Stres jangka panjang atau masalah emosional tertentu dapat memengaruhi hormon kortisol, yang dapat meningkatkan nafsu makan. Beberapa orang cenderung menanggapi stres dengan makan berlebihan atau memilih makanan yang tinggi kalori dan karbohidrat.
 

5. Kurangnya Asupan Cairan

Tubuh mungkin menganggap anda lapar jika kekurangan cairan atau dehidrasi. Terkadang, sinyal kehausan juga dapat berarti keinginan untuk makan. Akibatnya, sangat penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

Faktor-faktor di atas dapat menjadi penyebab sering lapar, tetapi penting untuk diingat bahwa setiap orang mungkin memiliki kebutuhan dan respons yang berbeda terhadap faktor-faktor ini. Jika rasa lapar sering berlanjut atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan cobalah untuk mengelola stres, perubahan pola makan, dan gaya hidup dapat membantu mengatasi masalah ini.
 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://wexnermedical.osu.edu/blog/always-hungry-there-could-be-medical-reasons-why

https://www.healthline.com/nutrition/14-reasons-always-hungry

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324523#sleep-disruption

YesDok Ads