GEJALA PEMBEKUAN DARAH, WASPADAI YUK!

May 03, 2024 | Dea

darah beku, faktor pembekuan darah, pembekuan darah adalah, tahapan pembekuan darah, apa itu pembekuan darah, gejala pembekuan darah, ciri ciri darah beku di kepala, ciri ciri darah beku, yesdok

Sobat Yesdok, pembekuan darah, juga dikenal sebagai trombosis, adalah kondisi medis serius yang dapat terjadi di berbagai bagian tubuh dan dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti stroke, serangan jantung, atau emboli paru-paru, jika tidak diatasi dan ditangani dengan cepat. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Gejala Pembekuan Darah

Berikut ini adalah beberapa gejala pembekuan darah yang perlu diwaspadai, antara lain:
 

1. Pembengkakan di Kaki atau Lengan

Trombosis vena dalam (DVT), di mana pembekuan darah terbentuk di vena kaki atau lengan, adalah salah satu kondisi di mana pembekuan darah dapat menyebabkan pembengkakan tiba-tiba pada kaki atau lengan.
 

2. Rasa Sakit atau Ketidaknyamanan

Gejala lainnya adalah nyeri atau ketidaknyamanan di area yang terkena. Rasa sakit ini mungkin berupa kram, nyeri tekan, atau sensasi berat di kaki atau lengan. Jika rasa sakit menjadi lebih buruk saat berjalan atau bergerak, itu mungkin karena pembekuan darah.
 

3. Perubahan Warna Kulit

Ketika darah membeku, kulit di sekitar area yang terkena dapat berubah warna. Perubahan warna kulit mungkin merah, kebiruan, atau pucat, tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan pembekuan darah. Terkadang, perubahan warna ini disertai dengan sensasi hangat di daerah yang terkena.
 

4. Sesak Napas

Emboli paru (PE) terjadi ketika pembekuan darah masuk ke paru-paru. Gejala PE adalah sesak napas yang tiba-tiba dan parah. Anda juga mungkin mengalami pusing, detak jantung yang cepat, atau nyeri dada.
 

5. Batuk Berdarah

Jangan mengabaikan batuk berdarah setelah sesak napas atau nyeri dada. Kondisi ini merupakan gejala serius dari pembekuan darah yang menyebabkan emboli paru, yang dapat menyebabkan batuk berdarah atau lendir berdarah. Anda harus segera mendapatkan perawatan medis.
 

6. Sakit Kepala atau Masalah Penglihatan

Stroke dapat terjadi jika ada pembekuan darah di otak. Sakit kepala yang parah, mati rasa atau kelemahan di satu sisi tubuh, masalah penglihatan, atau kesulitan berbicara adalah gejala stroke. Gejala ini menunjukkan bahwa anda perlu mendapatkan perawatan medis darurat.

Jika mengalami gejala-gejala di atas, segera pergi ke dokter karena pembekuan darah adalah kondisi medis yang serius yang dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Perawatan yang tepat dan deteksi dini dapat menyelamatkan nyawa dan mencegah komplikasi serius seperti stroke atau serangan jantung.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://health.clevelandclinic.org/blood-clot-warning-signs

https://magazine.medlineplus.gov/article/the-basics-of-blood-clots-what-you-need-to-know

https://www.stoptheclot.org/learn_more/signs-and-symptoms-of-blood-clots/

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.