BADAN TERLIHAT BUNGKUK, PERBAIKI POSTUR TUBUH DENGAN CARA INI YUK!

October 13, 2023 | Dea

tubuh, bungkuk, tulangbelakang, punggung, bokong, tulang, olahraga, exercise

Sobat YesDok, apakah anda sering membawa beban berat pada punggung anda? Seperti membawa tas ransel yang berisi buku-buku yang berat. Hati-hati punggung kamu bisa jadi bungkuk loh .


 

Postur tubuh yang bungkuk sering sekali dialami oleh orang-orang, khususnya pada pelajar. Karena terbiasa membawa tas ransel yang berat, dan duduk dengan postur tubuh yang salah dalam waktu lama.


 

Oleh karena itu, untuk mengetahui langkah memperbaiki postur bungkuk, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 



 

Cara Mengatasi Bungkuk


 

Postur tubuh yang bungkuk sangat umum dialami oleh lansia karena kepadatan tulangnya yang sudah menurun. Namun, kalangan muda juga sangat sering mengalami hal ini, karena duduk dalam postur yang salah, mengangkat beban berlebihan di punggung, dsb.

 

Tulang belakang adalah bagian tubuh yang sangat krusial, sebab menjadi pusat motorik tubuh yang menghubungkan semua saraf gerak mulai dari otak hingga kaki. Sehingga jika terjadi disfungsi atau perubahan pada anatominya, sangat mempengaruhi gerak tubuh nantinya.

 

Postur tubuh yang bungkuk selain mengganggu penampilan dapat memperburuk kesehatan tubuh lainnya, seperti terjadinya ketegangan otot, nyeri pada punggung, nyeri pada sendi, dan menurunnya kinerja sirkulasi. Selain itu dapat menyebabkan masalah pada pernapasan dan menyebabkan kelelahan berlebihan.



 

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh, antara lain:


 

  • Melakukan exercise side planks 

     

Memposisikan tubuh dalam keadaan tengkurap, letakkan kedua tangan sebagai tumpuan tubuh. Posisi kaki kanan berada di atas kaki kiri. Tahan posisi tersebut selama 30 detik dan lakukan hingga 2-3 set.



 

  • Melakukan exercise reverse  fly

     

Memposisikan tubuh membelakangi pintu, kaitkan tali pada belakang pintu, lalu tarik tali dengan tangan yang direntangkan. Gerakan mengangkat dan menurunkan lengan seperti kepakan sayap burung. Lakukan gerakan pada posisi tersebut selama 30 detik dan lakukan hingga 2-3 set.

 


 

  • Gerakan Bird Dog

     

Posisikan tubuh seperti hendak merangkak, lalu angkat dan luruskan kaki dan tangan secara bergantian dan pada posisi selang-seling. Lakukan repetisi ini 10-15 repetisi pada setiap sisi, lakukan hingga 2-3 set.



 

  • Duduk Tegak
     

Usahakan untuk duduk dalam posisi tegak dan rileks, hindari terlalu kaku dan memaksa untuk tegak lurus. Pastikan posisi tegak yang nyaman saat anda duduk.



 

  • Posisi bersujud
     

Posisi ini mirip gerakan sholat saat sujud, namun yang berbeda saat tangan diluruskan ke depan, sehingga posisi pipi menyentuh matras. Kaki juga dibuka sedikit lebih lebar dan antara paha dan betis harus menempel. Tahan posisi tersebut selama 30 detik dan lakukan hingga 2-3 set.







 

REFERENSI



 

https://www.healthline.com/health/slouching#childs-pose

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/in-a-slump-fix-your-posture

https://www.medicalnewstoday.com/articles/hunched-shoulders#summary

YesDok Ads