APA ITU ANTIDEPRESAN? INI 5 MANFAATNYA BAGI TUBUH

January 25, 2024 | Dea

obat antidepresan, efek samping antidepresan, antidepresan adalah, obat serotonin, obat depresi, obat penenang pikiran, efek depresan, yesdok

Sobat Yesdok, apakah anda tahu tentang antidepresan? Jenis obat ini adalah obat yang dimaksudkan untuk mengatasi gangguan suasana hati dan depresi. Artikel ini akan membahas apa itu antidepresan dan mengungkap lima manfaatnya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Manfaat Antidepresan Bagi Tubuh

Antidepresan adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengobati gangguan suasana hati, terutama depresi. Mereka bekerja dengan mengubah jumlah neurotransmitter dalam otak seperti serotonin, noradrenalin, dan dopamine, yang bertanggung jawab atas pengaturan mood dan emosi.

Berikut ini beberapa manfaat antidepresan bagi tubuh, antara lain:
 

1. Mengurangi Gejala Depresi

Antidepresan berfungsi untuk mengurangi gejala depresi, yang termasuk perasaan sedih yang berkepanjangan, penurunan minat atau kegembiraan, perubahan berat badan, masalah tidur, dan putus asa.
 

2. Mengatasi Kecemasan

Beberapa jenis antidepresan juga digunakan untuk mengatasi kecemasan. Mereka membantu menstabilkan mood dan mengurangi gejala kecemasan yang mengganggu kehidupan sehari-hari.
 

3. Pemulihan dari Gangguan Obsesif-Compulsive Disorder (OCD)

Antidepresan tertentu membantu orang dengan gangguan obsesif-kompulsif (OCD) karena mereka mengurangi pikiran obsesif dan perilaku kompulsif yang mengganggu kehidupan normal.
 

4. Penanganan Gangguan Makan

Beberapa antidepresan, terutama inhibitor selektif reuptake serotonin, digunakan untuk mengobati bulimia nervosa  dan binge-eating disorder.
 

5. Penggunaan pada Nyeri Kronis

Antidepresan semakin populer dalam pengobatan nyeri kronis. Beberapa jenis antidepresan memiliki sifat analgesik, yang dapat membantu mengurangi intensitas nyeri pada penyakit seperti neuropatik dan fibromyalgia.

Meskipun antidepresan sangat bermanfaat, dokter harus selalu mengawasi penggunaan mereka. Jenis antidepresan, dosis yang tepat, dan durasi pengobatan harus disesuaikan dengan kondisi dan respons individu.
 

Antidepresan membantu mengatasi gangguan suasana hati dan mental. Ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan pasien karena banyak manfaatnya, termasuk pengelolaan nyeri kronis. Untuk memastikan penggunaan antidepresan yang aman dan efektif sesuai dengan kebutuhan individu, penggunaan antidepresan harus dilakukan di bawah pengawasan medis.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter atau psikiater agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.sydney.edu.au/news-opinion/news/2023/02/02/antidepressants-use-for-chronic-pain-on-the-rise-but-are-they-ef.html

https://www.nhs.uk/mental-health/talking-therapies-medicine-treatments/medicines-and-psychiatry/antidepressants/overview/

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/9301-antidepressants-depression-medication

YesDok Ads