6 CARA CEGAH PIKUN SEJAK MUDA, GEN Z WAJIB LAKUKAN INI!

January 10, 2024 | Dea

Pikun, cara mengatasi pikun, penyebab pikun, apakah pikun bisa disembuhkan, cara mengatasi pikun, gejala pikun, penyebab pikun pada lansia, tanda tanda pikun, mengatasi pikun pada lansia, yesdok

Sobat Yesdok, pikun juga dikenal sebagai demensia adalah kondisi yang serius yang memengaruhi fungsi otak dan kemampuan sehari-hari. Namun, meskipun demensia lebih umum terjadi pada usia lanjut, melakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini dapat membantu mengurangi risiko terkena kondisi ini. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Cara Cegah Pikun Sejak Muda

Berikut beberapa cara mencegah pikun sejak muda, antara lain:


1. Perhatikan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat adalah cara utama untuk menghindari pikun. Menjaga berat badan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan makan makanan yang seimbang dapat membantu otak anda tetap sehat.
 

2. Cegah Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes  

Menjaga tekanan darah dalam kisaran normal dan menjaga kadar gula darah tetap normal dapat mencegah kerusakan pembuluh darah dan mengurangi risiko pikun. Pilih makanan yang sehat dan hindari garam berlebihan.
 

3. Latih Otak dengan Aktivitas Mental

Membaca, memecahkan teka-teki, atau mempelajari hal baru adalah beberapa aktivitas yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko pikun.
 

4. Hindari Konsumsi Alkohol Berlebihan dan Merokok

Menghindari kebiasaan merokok dan alkohol yang berlebihan dapat membantu mencegah demensia.
 

5. Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental yang baik juga penting. Menangani stres, depresi, dan kecemasan dapat membantu mengurangi risiko pikun. Terlibat dalam aktivitas sosial dan mempertahankan hubungan positif juga membantu kesehatan mental.
 

6. Lindungi Kepala dari Cedera

Mengenakan helm saat bersepeda, berolahraga ekstrem, atau berpartisipasi dalam aktivitas yang melibatkan risiko cedera kepala lainnya dapat membantu mencegah risiko demensia.

Penting untuk diingat bahwa pencegahan tidak terbatas pada orang tua. Gen Z memiliki kemampuan untuk memulai gaya hidup sehat sejak dini dan menerapkan kebiasaan positif yang mendukung kesehatan otak jangka panjang. Dengan melakukan hal-hal ini, mereka memiliki kemampuan untuk membentuk masa depan yang lebih sehat dan mengurangi risiko pikun saat mereka dewasa dan lanjut usia.
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.alzheimers.org.uk/about-dementia/managing-the-risk-of-dementia/reduce-your-risk-of-dementia

https://www.nhs.uk/conditions/dementia/about-dementia/prevention/

https://www.michiganmedicine.org/health-lab/10-ways-reduce-your-risk-dementia

https://www.alzheimers.gov/life-with-dementia/can-i-prevent-dementia

 

YesDok Ads