6 ARTI WARNA FESES BAYI, MOM WAJIB TAHU!

February 20, 2024 | Dea

arti warna feses bayi, arti feses bayi, arti warna feses bayi baru lahir, arti feses bayi warna hijau, arti warna feses bayi asi, arti warna feses bayi hitam, arti warna feses bayi mpasi, yesdok

Sobat Yesdok, orang tua menghadapi banyak tantangan baru saat memiliki bayi baru lahir, salah satunya adalah memahami apa yang normal dan tidak normal dalam kesehatan bayi, seperti warna feses mereka. Meskipun ini mungkin terdengar aneh, warna feses bayi dapat menunjukkan informasi penting tentang kesehatan pencernaan mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Arti Warna Feses Bayi

Berikut adalah enam arti warna feses bayi yang penting untuk diketahui oleh setiap ibu, antara lain:
 

1. Kuning Muda atau Kuning Kekuningan

Bayi yang disusui biasanya memiliki feses kuning muda atau kuning kekuningan. Ini disebabkan oleh bilirubin, sebuah bahan yang dibuat ketika sel darah merah tua pecah. Biasanya, feses kuning ini menunjukkan pencernaan yang sehat dan normal.
 

2. Kuning Gelap atau Kuning Oranye

Bayi mungkin memiliki feses yang lebih gelap atau kuning oranye ketika mereka mengonsumsi lebih banyak susu ibu, yang menyebabkan konsentrasi bilirubin meningkat. Warna feses yang lebih gelap atau kuning oranye juga bisa menjadi tanda bahwa bayi mungkin tidak mendapat cukup cairan dan membutuhkan ASI tambahan.
 

3. Hijau

Bayi yang memiliki feses hijau mungkin menunjukkan bahwa mereka mengonsumsi ASI dengan cepat, mencegah bilirubin menjadi kuning. Namun, warna hijau juga dapat menunjukkan bahwa bayi mungkin mengalami masalah pencernaan atau diare.
 

4. Cokelat Kuning atau Cokelat

Warna feses bayi yang cokelat kuning atau cokelat sering kali menunjukkan bahwa mereka telah mulai makan makanan padat. Ketika bayi mulai makan makanan padat, feses mereka akan menjadi lebih gelap dan lebih padat.
 

5. Merah atau Hitam

Jika bayi anda memiliki feses berwarna merah atau hitam, itu bisa menjadi tanda perdarahan di saluran pencernaan. Perdarahan ini dapat disebabkan oleh berbagai masalah, seperti luka atau infeksi. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.
 

6. Putih atau Abu-abu

Jika feses bayi berwarna putih atau abu-abu, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter karena ini dapat menunjukkan masalah dengan hati atau saluran empedu karena hati mereka tidak menghasilkan cukup empedu untuk memastikan pencernaan yang sehat.

Monitor warna feses bayi sangat penting untuk memastikan bahwa mereka sehat dan tumbuh dengan baik. Namun, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika anda khawatir tentang warna feses bayi  atau melihat perubahan signifikan dalam warna atau teksturnya.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/327218#colors-and-causes

https://www.healthline.com/health/parenting/baby-poop-color

https://health.clevelandclinic.org/the-color-of-baby-poop-and-what-it-means-infographic

 

YesDok Ads