5 CARA ATASI KULIT KEPALA BERKERAK (CRADLE CAP) PADA BAYI

January 31, 2024 | Dea

cradle cap adalah, cradle cap pada bayi, dermatitis seboroik bayi, kerak kepala bayi berbau, kulit kepala bayi mengelupas, kulit kepala bayi berkerak, penyebab kerak kepala pada bayi, yesdok

Sobat Yesdok, sebagai ibu yang baru saja memiliki bayi, anda pasti merasa bingung untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi kulit kepala berkerak pada bayi. Bayi sering mengalami kondisi ini, yang juga dikenal sebagai cradle cap, yang membuat orang tua khawatir. Meskipun tidak menyakitkan, cradle cap dapat terlihat tidak nyaman dan tidak nyaman. Ini adalah enam metode yang berhasil untuk mengatasi cradle cap.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Ciri Atasi Cradle Cap Bayi

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi cradle cap pada bayi, antara lain:
 

1. Mandi dengan Lembut

Untuk membersihkan kulit kepala bayi dengan lembut, gunakan tangan atau sikat bayi dengan bulu lembut untuk membersihkannya, hindari menggosoknya secara keras. Cuci kepala bayi anda dengan shampo bayi yang lembut. Pastikan kulit kepala dan rambut bayi dibilas dengan benar.
 

2. Minyak Alami

Oleskan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa pada kulit kepala bayi sebelum mandi. Untuk melunakkan kerak, biarkan minyak meresap selama sekitar lima belas menit. Setelah itu, perlahan-lahan angkat kerak dengan sikat bayi atau sisir dengan gigi lembut.
 

3. Sampo Khusus

Untuk menghilangkan kerak, gunakan sampo khusus untuk cradle cap. Beberapa shampo memiliki bahan yang menyegarkan dan menghilangkan kerak. 
 

4. Hindari Produk Beraroma Kuat

Jika bayi memiliki kulit yang sensitif, jangan gunakan produk beraroma kuat. Pilih produk yang tidak memiliki pewangi atau memiliki aroma ringan.
 

5. Perhatikan Gaya Hidup Sehat

Pastikan bayi mendapatkan asupan nutrisi dan hidrasi yang cukup, ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

 


Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/scalp/treat-cradle-cap

https://www.nhs.uk/conditions/cradle-cap/

https://kidshealth.org/en/parents/cradle-cap.html

https://raisingchildren.net.au/newborns/health-daily-care/health-concerns/cradle-cap

YesDok Ads