5 RISIKO BERDIRI LAMA PADA BUMIL

April 17, 2024 | Dea

berdiri lama terasa pusing dan mual, efek berdiri terlalu lama, berdiri terlalu lama, ibu hamil tidak boleh berdiri lama, penyebab ibu hamil tidak kuat berdiri lama, apakah bahaya ibu hamil lama berdiri, yesdok

Sobat Yesdok, menjaga kesehatan selama kehamilan adalah penting karena ini adalah periode penting dalam kehidupan seorang wanita. Meskipun beberapa wanita mungkin dipaksa untuk berdiri lama karena pekerjaan atau tugas sehari-hari mereka, ada risiko tertentu yang perlu dipahami. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah aktivitas fisik sehari-hari, termasuk berdiri untuk waktu yang lama. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Risiko Berdiri Lama 

Berikut ini beberapa risiko jika terlalu sering berdiri lama pada ibu hamil, antara lain:
 

1. Risiko Kelelahan dan Kebengkakan

Bagi ibu hamil yang sudah mengalami peningkatan berat badan, berdiri terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan dan bengkak pada kaki, pergelangan kaki, dan kaki bagian bawah.
 

2. Penurunan Aliran Darah

Berdiri terlalu lama dapat mengganggu aliran darah ke tubuh bagian bawah, termasuk kaki dan kaki bagian bawah, yang dapat menyebabkan kesemutan, kram, atau bahkan pembengkakan pada kaki.
 

3. Risiko Komplikasi Kehamilan

Sangat penting bagi pregnant women untuk menghindari berdiri terlalu lama, karena ini dapat menyebabkan risiko komplikasi seperti preterm birth (premature birth) dan early labor.
 

4. Gangguan Postur Tubuh

Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan gangguan postur, yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan tulang belakang. Ini dapat menyebabkan nyeri punggung atau bahkan masalah postur yang lebih serius.
 

5. Stres pada Sendi dan Otot

Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan stres tambahan pada sendi, otot, dan ligamen, terutama di pinggul dan punggung bawah. Ini dapat menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan yang signifikan bagi ibu hamil.

Meskipun berdiri kadang-kadang tidak dapat dihindari, ibu hamil disarankan untuk mengurangi risiko berdiri dan mengambil istirahat singkat secara teratur. Jika berdiri untuk waktu yang lama di pekerjaan atau kegiatan sehari-hari, penting untuk memakai alas kaki yang nyaman dan mendukung. Selain itu, untuk mengurangi tekanan pada tubuh, lakukan gerakan atau istirahat sebentar untuk mengurangi tekanan. 



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/niosh/topics/repro/physicaldemands.html

https://www.babycenter.com/pregnancy/health-and-safety/is-it-safe-to-be-on-my-feet-all-day-while-im-pregnant_1246890

https://parenting.firstcry.com/articles/prolonged-standing-during-pregnancy-impact-on-mother-and-fetus/

 

YesDok Ads