Kenali Gejala Kecanduan Sosial Media dan Cara Mengatasinya

April 11, 2023 | Iman

Kecanduan Sosial Media

Bagi orang yang kecanduan medsos, tidak membuka aplikasi selama satu jam saja sudah bisa membuat harinya terasa kurang dan hampa hingga cenderung merasa gelisah. Ini merupakan salah satu gejala kecanduan sosial media yang biasanya dirasakan pengidapnya.

Gejala Kecanduan Sosial Media

Selain itu, beberapa perilaku yang menunjukkan gejala kecanduan sosial media pada seseorang adalah sebagai berikut:

1. Bangun Tidur Langsung Membuka Medsos

Salah satu gejala fisik kecanduan media sosial adalah selalu bergerak mencari smartphone-nya dan membuka media sosial setelah bangun tidur. Hampir semua pecandu medsos pasti melakukannya. Bahkan, kondisi ini akan cenderung membuat mereka mengalami gangguan tidur karena ketagihan menjelajahi media sosial sebelum tidur.

2. Terobsesi Mendapatkan Likes di Medsos

Munculnya tekanan yang besar dari lingkungan sosial sering kali membuat seseorang terobsesi untuk mendapatkan banyak perhatian di medsos. Perilaku ini bisa dilihat dari keinginan besar mereka untuk memperoleh likes dan comment sebanyak-banyaknya.

Orang dengan kondisi ini cenderung selalu ingin bersaing dengan mengunggah foto terbaik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari pengikutnya. Sering kali mereka juga akan memikirkan kalimat sempurna untuk membangun citra baik di media sosial.

Alhasil, mereka akan merasa puas ketika banyak orang menyukai fotonya dan memberikan komentar yang baik di unggahan tersebut.

3. Selalu Online

Di zaman yang canggih ini, kita bahkan bisa melihat kapan seseorang online atau sedang aktif mengakses media sosial. Orang yang kecanduan medsos cenderung selalu online kapan dan di mana pun. Bahkan, tempat bukanlah masalah, mereka akan tetap mengakses media sosial sekalipun sedang berada di toilet, menyeberang jalan, atau mengantri.

Orang yang kecanduan media sosial juga tidak mudah merasa bosan meski setiap menit hingga jam scroll media sosial tanpa henti untuk melihat berbagai video dan gambar yang sedang viral. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh keinginannya selalu update terkait berita terkini tentang artis idolanya.

4. Merasa Gelisah Jika Tidak Ada Internet

Sementara itu, gejala psikologis kecanduan sosial media adalah merasa gelisah jika tidak bisa mengakses media sosial. Misalnya, mereka sedang berada di daerah tanpa sinyal internet. Hal ini dipicu oleh ketakutannya akan ketinggalan berbagai hal yang sedang terjadi atau FOMO (fear of missing out).

Media sosial merupakan tempat di mana setiap informasi bisa bergerak dengan cepat. Perubahan informasi di media sosial pun tidak membutuhkan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Inilah yang menyebabkan seseorang takut ketinggalan informasi dan memilih tenggelam dalam media sosial.

Cara Mengatasi Kecanduan Sosial Media

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan sosial media adalah:

  • Memulai hobi baru yang tidak berkaitan dengan media sosial.
  • Membuat jadwal atau membatasi waktu untuk bermain media sosial.
  • Memperbanyak aktivitas di luar rumah.
  • Meletakkan gadget yang jauh dari genggaman.
  • Meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain.
  • Mematikan notifikasi ketika sedang berada di sekolah, acara, atau bekerja.
  • Menghapus aplikasi media sosial untuk sementara.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads