Diet
+1

5 MANFAAT BUAH ZAITUN UNTUK DIET

February 15, 2024 | Dea

manfaat buah zaitun, apa manfaat buah zaitun, buah zaitun dan manfaatnya, manfaat buah zaitun bagi kesehatan, buah zaitun manfaat, manfaat buah zaitun untuk wajah, yesdok

Sobat Yesdok, karena manfaat kesehatannya yang beragam, buah zaitun telah lama dihargai. Mereka kaya akan lemak sehat dan nutrisi penting lainnya, dan mereka adalah bagian penting dari pola makan Mediterania, dan mereka juga bagus untuk diet anda.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Buah Zaitun untuk Diet

Berikut merupakan beberapa manfaat buah zaitun bagi program diet, antara lain:
 

1. Sumber Lemak Sehat

Lebih banyak lemak sehat dapat ditemukan dalam buah zaitun, terutama asam lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat. Lemak yang baik ini membantu menjaga jantung sehat, meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), dan mengurangi risiko penyakit jantung. Buah zaitun juga memiliki lemak sehat yang membuat anda merasa kenyang lebih lama setelah makan.
 

2. Kaya akan Antioksidan

Buah zaitun kaya akan antioksidan, terutama polifenol dan vitamin E, yang membantu melawan radikal bebas dan kerusakan sel. Antioksidan ini melindungi sel-sel tubuh dari peradangan dan kerusakan oksidatif, dan mereka juga dapat membantu penurunan berat badan dengan mendorong kesehatan sel dan metabolisme yang lebih baik.
 

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Buah zaitun yang dikonsumsi secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis, seperti kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Ini karena kandungan antioksidan dan lemak sehatnya yang dapat menjaga kesehatan sel dan jaringan serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
 

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah zaitun mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan karena membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga keseimbangan bakteri sehat dalam usus. Dengan menjaga kesehatan pencernaan, buah zaitun dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan penyerapan nutrisi dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.
 

5. Menyokong Kesehatan Mental

Selain memiliki banyak manfaat fisik, buah zaitun juga telah dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan Mediterania yang kaya akan lemak sehat, termasuk buah zaitun, dapat mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Karena jumlah lemak sehat dan antioksidannya yang tinggi, buah zaitun adalah pilihan yang bagus untuk diet. Dengan mengonsumsinya secara teratur sebagai bagian dari pola makan seimbang, anda dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 


Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/foods/olives

https://health.clevelandclinic.org/are-olives-good-for-you

https://olivewellnessinstitute.org/article/the-top-5-benefits-of-table-olives/

YesDok Ads