5 MAKANAN UNTUK KESEHATAN GINJAL

April 01, 2024 | Dea

makanan sehat untuk ginjal, makanan yang bagus untuk ginjal, makanan yang menyehatkan ginjal, makanan yang sehat untuk ginjal, makanan bagus untuk ginjal, makanan yang baik untuk penderita ginjal, yesdok

Sobat Yesdok, Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh kita yang bertanggung jawab untuk menyaring limbah dan racun dari darah serta menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Kesehatan ginjal sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Mengonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Makanan Menyehatkan Ginjal

Berikut adalah lima makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal, antara lain:
 

1. Brokoli

Konsumsi brokoli secara teratur dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal dan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Brokoli juga kaya akan vitamin K , C dan serat.
 

2. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry memiliki antioksidan yang kuat, seperti vitamin C dan flavonoid, yang membantu melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan dan peradangan.
 

3. Ikan Salmon

Ikan salmon penuh protein dan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung, yang penting untuk kesehatan ginjal.
 

4. Kubis

Kubis adalah sumber yang kaya akan vitamin K dan C serta senyawa antioksidan seperti sulforaphane. Perlindungan terhadap kerusakan ginjal dan pengurangan risiko penyakit ginjal telah dikaitkan dengan senyawa ini.
 

5. Kentang

Kentang tidak mengandung kalium dan merupakan sumber karbohidrat yang baik; karbohidrat kompleks yang menghasilkan energi secara bertahap tanpa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan, yang baik untuk kesehatan ginjal.

Untuk menjaga kesehatan ginjal sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan yang mengandung banyak garam, gula, dan lemak jenuh. Anda juga harus selalu minum cukup air dan menjaga pola makan yang seimbang.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325390#foods-to-avoid

https://khccares.com/blog/top-15-healthy-foods-for-kidney-function/

https://www.universityhealth.com/blog/foods-for-kidney-disease

 

YesDok Ads