6 CARA ATASI JERAWAT YANG SULIT SEMBUH

January 23, 2024 | Dea

mengatasi jerawat, bagaimana cara menghilangkan jerawat, cara atasi jerawat, cara ngilangin jerawat, cara sembuhkan jerawat, cara agar menghilangkan jerawat, tips hilangkan jerawat, yesdok

Sobat Yesdok, jerawat yang sulit sembuh dapat menjadi masalah yang sulit bagi banyak orang. Namun, ada beberapa metode umum yang dapat membantu mengatasi jerawat yang sulit sembuh. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Cara Atasi Jerawat Sulit Sembuh

Berikut ini beberapa cara mengatasi jerawat yang sulit disembuhkan, antara lain:
 

1. Perawatan Topikal

Perawatan topikal yang mengandung bahan seperti benzoyl peroxide, asam salisilat dan  retinoid dapat membuka pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih, dan menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.
 

2. Konsumsi Makanan Sehat

Diet yang seimbang dapat membantu kesehatan kulit anda. Hindari makanan yang dapat memicu peradangan, seperti makanan berlemak, gula, dan produk susu yang berlebihan, dan perbanyak makanan yang kaya akan antioksidan.
 

3. Hati-hati dalam Pemilihan Produk Perawatan Kulit

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit anda dan tidak menyebabkan iritasi, gunakan produk yang tidak menyumbat pori-pori dan hindari produk yang mengandung bahan kimia agresif.
 

4. Jangan Pencet Jerawat

Terlepas dari kenyataan bahwa sulit untuk menghindari pencetakan jerawat, tindakan ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan peradangan. Selain itu, pencetan dapat menyebabkan bekas luka atau noda pada kulit.
 

5. Konsultasi dengan Dermatologis

Berkonsultasilah dengan seorang dermatologis jika anda memiliki jerawat yang sulit sembuh. Dokter kulit dapat menyediakan penanganan yang lebih intensif, seperti penggunaan obat resep atau prosedur di rumah, seperti terapi cahaya atau pengelupasan kimia.
 

6. Pertimbangkan Gaya Hidup Sehat

Menjaga kebersihan kulit, tidur yang cukup, mengelola stres, dan menjaga keseimbangan hormon adalah beberapa langkah yang dapat membantu kesehatan kulit secara keseluruhan.
 

Untuk menangani jerawat yang sulit sembuh, diperlukan kesabaran dan perawatan yang tepat. Mengikuti langkah-langkah di atas dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi jumlah jerawat yang sulit sembuh. Penting untuk diingat bahwa mencapai hasilnya mungkin membutuhkan waktu.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dermatologis agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321011

https://www.aad.org/public/diseases/acne/diy/wont-clear

https://www.healthdirect.gov.au/acne

https://www.healthline.com/health/skin/acne

YesDok Ads