YAKIN PASANGANMU ORANG YANG TEPAT? KENALI YUK 7 TANDA SOSOK BIJAKSANA

October 19, 2023 | Dea

bijaksana, kepribadian, kecerdasan, emosional, EQ, moral, konsisten, tanggungjawab, empati, toleransi

Sobat YesDok, apakah saat ini anda sedang menjalin hubungan asmara ? tentunya memiliki seseorang yang dapat memberikan kenyamanan dan berbagi keluh kesah bersama adalah suatu hal yang wajib untuk disyukuri.


 

Karena beberapa orang tidak seberuntung anda. Kebanyakan orang dewasa apalagi yang hidup di kota metropolitan khususnya, akan lebih sulit mencari pasangan hidup yang dirasa dapat melengkapi dirinya.


 

Karena keberagaman manusia justru membuat seseorang menjadi lebih aware dan lebih selektif dalam menentukan pasangan yang tepat bagi dirinya. Membina hubungan rumah tangga tidaklah mudah. Sehingga, dibutuhkan sosok yang bijaksana satu sama lainnya. 

 

Oleh karena itu, simak penjelasan tanda pasangan bijaksana yang harus anda pastikan sebelum membina rumah tangga nantinya, sebagai berikut.







 

Orang Yang Bijaksana



 

Tanda seorang yang bijaksana seharusnya sangat mudah untuk dikenali. Karena keberadaannya sangat unik dan terlihat lebih berbeda dari orang pada umumnya. Seorang yang bijaksana menandakan bahwa dirinya memiliki kecerdasan emosional (EQ) yang dominan.

 

Hal ini sangat baik, karena dalam menjalani kehidupan akan lebih dibutuhkan sosok yang cerdas secara emosional daripada yang hanya pintar secara intelektual (IQ). Namun, sosok yang bijaksana dan cerdas secara emosional bukan berarti tidak memiliki emosi, seperti amarah, rasa kesal, sedih dan takut.


 

Namun yang membedakan yaitu caranya bereaksi, karena sesuatu yang benar dan baik sekalipun, jika tidak diekspresikan atau ditanggapi dengan baik, maka akan menghasilkan keburukan bagi diri sendiri dan orang lain. Sehingga seorang yang bijaksana dikenali dengan kepribadian yang dapat memodifikasi segala jenis emosi, dengan mengarahkan emosi tersebut pada sikap yang sesuai dengan etika dan moral.


 

Seperti ungkapan seorang filsuf Aristoteles, ia menyatakan bahwa, 
 

"Siapapun bisa menjadi marah, Namun untuk marah terhadap orang maka dirinya akan mengekspresikan bentuk emosi tersebut dengan cara yang tepat, pada tingkat yang tepat, situasi dan kondisi yang tepat, waktu yang tepat, dan untuk tujuan yang tepat, dilakukan dengan cara yang paling baik dan benar."





 

7 Tanda Sosok Bijaksana



 

  • Stabil secara emosional, sosok ini dapat mengendalikan dan menanggapi emosi dan perlakuan orang lain dengan cara yang baik dan bermoral.
     
  • Sosok yang bertanggung jawab, sosok ini sadar akan setiap perlakuannya dan konsekuensi dari setiap tindakan yang ia pilih dan dilakukan dengan penuh tanggung jawab.
     
  • Kesadaran diri yang tinggi, artinya sangat mengenal jati dirinya sehingga akan lebih konsisten, tidak mudah dipengaruhi dan jauh dari kata labil.
     
  • Memiliki empati yang tinggi, dirinya dapat memahami dan membaca situasi lalu menyesuaikan diri dengan sangat baik.
     
  • Toleransi, sosok ini dapat menghargai dan membatasi diri atau berkolaborasi dengan baik dengan sekitarnya tanpa menghakimi.
     
  • Berorientasi, sosok ini memiliki skala prioritas dan tujuan hidup yang tersusun dan jelas arahnya.
     
  • Open minded, sosok ini berpikiran terbuka dan melihat segala sesuatu dari berbagai perspektif. Dirinya terbuka terhadap saran dan kritik dan terus belajar memperbaiki diri. 





 

REFERENSI



 

https://www.spring.org.uk/2023/03/signs-wise.php

https://www.appleseeds.org/7-Signs-Wisdom_Gaskill.htm

https://www.verywellmind.com/the-7-habits-of-emotionally-intelligent-people-2795431

YesDok Ads