WASPADAI 5 KEBIASAAN YANG DAPAT MERUSAK OTAK

November 07, 2023 | Dea

Otak organ vital tubuh, hal yang merusak otak, kebiasaan buruk merusak otak, dampak radiasi bagi otak, resiko kurang tidur bagi otak, bahaya konsumsi gula bagi otak, yesdok

Sobat YesDok, anda perlu tahu bahwa beberapa kebiasaan yang sering anda lakukan dapat merusak otakmu. Kebiasaan ini sering kali dilakukan khususnya pada generasi z. Kebiasaan terpapar radiasi di malam hari, menjadi faktor utama penyebab kerusakan pada otak.

 

Untuk mengetahui faktor lainnya yang dapat merusak otak, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.





 

5 Kebiasaan Merusak Otak


 

Otak merupakan organ tubuh paling vital dalam tubuh manusia, tugas utamanya yakni mengontrol fungsi tubuh, salah satunya pikiran, ingatan, penglihatan, ucapan, perasaan, gerakan, dsb. Otak terbagi atas 3 bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brain stem). 

 

Karena sangat vital perannya bagi tubuh, sehingga anda perlu memperhatikan 5 kebiasaan ini agar tidak merusak otak, antara lain:
 

 

  • Terlalu Sering Mengonsumsi Gula
     

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat mengganggu penyerapan protein dan nutrisi sehingga menyebabkan malnutrisi, yang dapat mengganggu perkembanga otak. 


 

  • Sering Tidur Larut Malam
     

Manusia membutuhkan waktu tidur 7-9 jam setiap harinya agar kinerja otak berjalan dengan normal. Jika waktu tidur kurang maka akan menyebabkan gangguan pada penalaran, ingatan dan kemampuan pemecahan masalah oleh otak.

 

 

  • Kepala Tertutup Saat Tidur
     

Hal ini dapat membuat otak kekurangan pasokan oksigen sehingga dapat meningkatkan konsentrasi karbon dioksida yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak.


 

  • Sering Gelap-Gelapan
     

Otak butuh cahaya untuk perkembangannya seperti tumbuhan, jika keseringan berdiam diri dalam keadaan gelap dapat membuat seseorang sulit berpikir jernih dan daya nalar yang terhambat.

 

  • Sering Terpapar Radiasi
     

Keseringan screen time, otak dapat kelelahan dan hilang fokus jika terlalu sering terpapar radiasi. Hal ini dapat membuat kerusakan sel-sel pada otak karena gelombang elektromagnetik dapat menembus otak hal ini juga memicu tumor otak.





 

REFERENSI 


 

https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/the-worst-habits-for-your-brain

https://www.medicoverhospitals.in/articles/top-10-brain-damaging-habits

https://www.aarp.org/health/brain-health/info-2021/habits-that-hurt-brain-health.html

 

YesDok Ads