TRAUMA DITINGGAL SESEORANG? SIMAK GEJALA PROLONGED GRIEF DI FILM 20TH CENTURY GIRL YUK!

November 02, 2023 | Dea

Prolongedgrief, berduka, sedih, emosional, mentalissues, matirasa, suicidal, krisisidentitas, 20thcenturygirl,  KimYoo-Jung, ByeonWoo-Seok, yesdok

Sobat YesDok, pernahkah anda mengalami kesedihan yang mendalam dan berlarut-larut akibat ditinggal pergi meninggal oleh keluarga ataupun seseorang yang sangat berarti dalam hidup anda? Kesedihan ini diistilahkan dengan prolonged grief, kondisi ini menimbulkan trauma dalam diri anda sehingga memperburuk kondisi kesehatan mental dan fisik anda.

 

Kondisi ini pun diangkat dalam film 20th Century Girl yang mengisahkan hubungan dua orang remaja yang dipisahkan oleh kematian. Ditampilkan secara spesifik perasaan hancur yang dialami Kim Yoo-Jung sebagai pemeran wanita dalam film tersebut. Kepergian orang yang ia cintai diperankan oleh Byeon Woo-Seok.


 

Oleh karena itu, simak penjelas prolonged grief di bawah ini, sebagai berikut.





 

Mengenal Prolonged Grief 


 

Prolonged grief merupakan kondisi mental yang membuat penderitanya merasakan perasaan duka yang sangat mendalam hal ini termasuk dalam kategori gangguan kesedihan yang berkepanjangan berupa perasaan sedih yang berlarut-larut dan intens. Gejalanya sangat buruk karena dapat membuat penderitanya memutuskan untuk menghentikan kehidupannya.
 

Diagnosis gangguan kesedihan ini dapat berlangsung selama setidaknya 6 bulan dan rasa sedih yang dialami hampir setiap hari dan setiap saat dalam hidupnya. Sehingga dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi dan lebih parahnya tidak tahan melewati fase ini yang berujung pada bunuh diri.
 


 

Berikut ini gejala yang dialami oleh penderitanya, antara lain:
 

  • Reaksi syok dan mati rasa terhadap kehidupan yang ia jalani
     
  • Kesedihan luar biasa dengan banyak tangisan dan merasa frustasi
     
  • Mengalami kelelahan yang berlebihan
     
  • Sangat emosional dan sering berteriak
     
  • Perasaan bersalah dan mengalami krisis identitas
     
  • Sulit menjalani interaksi sosial
     
  • Cenderung mengisolasi diri
     
  • Merasakan kesepian sepanjang waktu
     
  • Merasakan kerinduan yang besar dan menyiksa batinnya
     
  • Tidak dapat menikmati kehidupan
     
  • Melakukan micro suicide






 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada psikolog. Karena penyebab ini dapat membuatnya rentan mengidap gangguan mental dan bunuh diri. 

 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI


 

https://www.psychiatry.org/patients-families/prolonged-grief-disorde

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/complicated-grief/symptoms-causes/syc-20360374

https://www.nhs.uk/mental-health/feelings-symptoms-behaviours/feelings-and-symptoms/grief-bereavement-loss/

YesDok Ads