TIBA-TIBA LUPA HARUS NGAPAIN NIH, KENALI GEJALA DOORWAY EFFECT YUK!

October 20, 2023 | Dea

doorwayeffect, fenomena, lupa, otak, memori, psikologis, alzheimer, fokus

Sobat YesDok, pernahkah anda mengalami kondisi yang membuat anda tiba-tiba saja lupa harus melakukan apa? padahal anda sudah merencanakannya saat sedang duduk atau berbaring. Namun, ketika anda melewati ruangan dan sampai pada tujuan, anda tiba-tiba saja melupakan hal yang harus anda lakukan.



 

Kondisi tersebut merupakan fenomena doorway effect. Kondisi ini umum dialami oleh semua orang, oleh karena itu, simak penjelasan terkait doorway effect di bawah ini, sebagai berikut.






 

Mengenal Doorway Effect



 

Doorway effect merupakan suatu kondisi yang terjadi karena menurunnya kemampuan mengingat seseorang ketika memasuki lokasi baru atau ruangan baru. Karena otak akan berfokus dalam mengenali dan memindai situasi baru yang dihadapi, sehingga akan menyebabkan efek lupa terhadap sesuatu yang sebelumnya ingin dilakukan.


 

Hal ini ditandai saat seseorang melewati satu tempat ke tempat yang lain, dengan tujuan ingin melakukan sesuatu. Kondisi ini akan membuat otak berpikir melewati ambang batas, sehingga otak akan membersihkan memori sebelumnya yang dianggap tidak relevan dengan situasi yang dihadapi saat ini.




 

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya doorway effect, antara lain:


 

  • Konsentrasi yang kurang dilatih
     
  • Terlalu banyak memikirkan sesuatu atau overthinking
     
  • Mengalami stres
     
  • Terlalu sering melakukan banyak hal dalam satu waktu
     
  • Terjadinya hambatan pada otak






 

Namun jika kondisi lupa harus melakukan sesuatu ini sering terjadi, anda harus waspada karena kemungkinan memiliki gejala penyakit yang berkaitan dengan kinerja otak anda. Umumnya fenomena ini hal yang normal terjadi, tetapi jika terlalu sering, maka akan menjadi penanda penyakit seperti Alzheimer ataupun mengalami masalah psikologis tertentu. 

 

 

Jika anda memiliki keluarga dengan ciri-ciri seperti di atas, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter dan psikolog. 
 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI


 

https://psikomedia.net/doorway-effect/

https://news.nd.edu/news/walking-through-doorways-causes-forgetting-new-research-shows/

https://www.scienceabc.com/humans/doorway-effect-why-we-forget-what-we-were-supposed-do-after-we-enter-room.html

YesDok Ads