Tetap Waspada Setelah Sembuh Dari Covid-19

September 05, 2021 | Iman

Sembuh Covid

Jika Anda baru saja pulih dari Covid-19, para ahli Kesehatan sepakat bahwa itu semuanya belum baik-baik saja. Gejala sisa yang umumnya dikenal sebagai long covid, terkadang sama melemahkannya dengan virus itu sendiri. Kelelahan, sesak napas, halusinasi, tremor, dan siklus menstruasi yang kacau adalah beberapa gejala long Covid.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di The Lancet, hampir separuh orang yang dirawat di rumah sakit akibat terpapar virus Covid-19 telah mengalami setidaknya satu gejala terus-menerus bahkan setelah satu tahun pulih dari infeksi.

Studi lebih lanjut menguraikan bahwa satu dari tiga orang mengalami sesak napas dan gangguan paru-paru dimana gejala tersebut berlangsung lama terutama jika pasien menderita Covid yang parah. Secara keseluruhan, penyintas Covid cenderung kurang sehat dibandingkan mereka yang belum terinfeksi virus SARS-CoV-2.

“Saat kita berada di ambang kemungkinan gelombang ketiga, sebagian besar dari mereka yang terinfeksi saat gelombang kedua mungkin masih menderita karena long Covid, mereka dibebani dengan sistem yang sudah lemah hingga mereka berisiko lebih tinggi terinfeksi ulang,” tulis penelitian tersebut.

Tetapi bagaimana jika Anda telah divaksinasi? Apakah Anda masih berpeluang tertular Covid yang berkepanjangan? Data menunjukkan bahkan orang yang divaksinasi sepenuhnya tidak kebal terhadap Covid. Namun, mengurangi kemungkinan tertular infeksi.

Bahkan anda jika tertular, vaksin dapat mengurangi tingkat keparahan infeksi dan viral load jauh lebih rendah daripada yang tidak divaksinasi. 

“Dan di situlah letak harapan kita, long Covid sebagian besar terlihat pada kasus pasien Covid yang parah,” ucap tim peneliti.

Mereka menuturkan, tidak ada yang pasti tentang Covid-19 dimana sejak awal pandemi, ada banyak hal yang masih belum kita ketahui tentang Covid-19. 

“Namun, satu hal yang telah ditetapkan oleh penelitian adalah bahwa anak-anak usia sekolah yang telah terinfeksi Covid-19, biasanya menjadi lebih baik setelah enam hari. Kurang dari lima persen anak-anak memiliki gejala yang berlangsung lebih dari empat minggu,” ucap penelitian tersebut.

Tidak ada yang lebih baik daripada mencegah virus itu sendiri, dengan dibukanya kembali sekolah dan pusat bisnis, kita perlu melakukan semua yang kita bisa untuk mencegah risiko infeksi. Tidak ada pilihan atau solusi yang sempurna untuk Covid. Namun, ahli epidemiologi menyarankan untuk memvaksinasi sebanyak mungkin orang untuk mencegah virus dimana itu akan sangat mengurangi risiko long Covid.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads