TELAPAK TANGAN SERING DINGIN TANDA PENYAKIT APA? SIMAK PENYEBABNYA YUK

November 16, 2023 | Dea

telapak tangan dingin, penyebab tangan dingin, penyempitan pembuluh darah, arteri ulnaris, arteri radial, jantung, paru paru, autoimun, fenomena raynaud, hipertiroidisme, kekurangan vitamin B-12, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah telapak tangan anda terasa sangat dingin? Tentunya hal ini dapat terjadi karena suhu di dalam ruangan yang sangat rendah, ataupun anda baru saja memegang benda yang dingin. Jika dipicu karena hal tersebut, tentunya hal ini normal saja terjadi. Namun jika telapak tangan anda selalu terasa dingin meskipun tidak ada pemicunya, sebaiknya anda waspada terhadap indikasi penyakit tertentu.
 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Telapak Tangan Dingin

 

Telapak tangan yang dingin merupakan hal yang umum terjadi, namun jika frekuensinya sering terjadi dan disertai dengan perubahan warna hal ini perlu menjadi perhatian khusus. Kondisi ini bisa menjadi sinyal bahwa seseorang mungkin memiliki masalah dengan saraf dan sirkulasi darah. Selain itu, dapat menjadi indikasi kerusakan pada jaringan yang dapat berakibat fatal pada jari tangan dan jari kaki.
 

Tangan yang dingin disebabkan karena tubuh secara alami membatasi aliran darah ke tangan untuk melindungi organ tubuh dari paparan udara dingin di luar tubuh. Sehingga tubuh akan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Darah mengalir dari jantung menuju tangan melalui arteri ulnaris dan arteri radial di lengan bawah. Otot di sekitar arteri mengencang (menyempit) saat berada pada suhu dingin. Tubuh secara otomatis menggerakkan darah untuk menghemat panas, serta melindungi organ vital seperti jantung dan paru-paru. 
 

Namun terkadang pembuluh darah mengalami penyempitan secara tiba-tiba meski tanpa pemicu kondisi ini disebut sebagai vasospasme. Kondisi tangan menjadi dingin ini juga mengindikasi tanda tubuh kekurangan vitamin ataupun mengalami penyakit autoimun.

 

Berikut ini indikasi masalah yang mengarah pada gejala tangan dingin, antara lain:
 

  • Fenomena Raynaud
     

Kondisi ini menyebabkan mati rasa pada jari tangan atau kaki ketika terpapar suhu dingin biasa ataupun mengalami stres. Hal ini terjadi karena arteri kecil yang memasok darah ke kulit mengalami kejang.

 

  • Hipertiroidisme
     

Kondisi ini karena fungsi tiroid yang kurang aktif. Terjadi ketika tiroid tidak menghasilkan cukup hormon. Kondisi ini menyebabkan tubuh menjadi lebih dingin dan meningkatkan kepekaan terhadap dingin lebih tinggi dari biasanya. Kondisi ini dapat memicu komplikasi pada rasa nyeri pada tubuh, persendian, jantung, kemandulan dan obesitas. 

 

  • Kekurangan Vitamin B-12
     

Vitamin ini berasal dari makanan yang tinggi protein seperti, telur, ikan, daging, unggas dan susu. Vitamin ini dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi neurologis. Jika kekurangan vitamin B-12, maka tubuh akan mengalami mati rasa, kesemutan dan rasa dingin.

 

  •  Autoimun Lupus
     

Lupus merupakan penyakit yang menyerang seseorang ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel, organ dan jaringan tubuh dirinya sendiri kondisi ini adalah bagian dari autoimun. Kondisi ini dapat membuat penderitanya menjadi lebih peka terhadap suhu dingin (tubuh mudah kedinginan).


 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI


 

https://www.healthline.com/health/cold-fingers#takeaway

https://www.hunimed.eu/news/cold-hands-feet/

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17861-cold-hands

 

YesDok Ads