SUSAH BAB SAAT PUASA? SIMAK 6 SOLUSINYA

March 26, 2024 | Dea

cara mengatasi sembelit, cara mengatasi sembelit pada orang dewasa, cara menyembuhkan sembelit, sembelit saat puasa, cara mengatasi sembelit saat puasa, mengatasi sembelit di bulan puasa, yesdok

Sobat Yesdok, bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan ibadah, introspeksi, dan pengendalian diri. Bagi umat Muslim yang menjalankan puasa, salah satu tantangan terbesar mungkin bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga masalah dengan buang air besar (BAB). Masalah ini dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Solusi Sembelit Saat Puasa

Berikut adalah 6 solusi yang dapat membantu mengembalikan pola buang air besar yang normal selama bulan Ramadhan:
 

1. Konsumsi Serat Tinggi

Makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan volume dan konsistensi tinja, sehingga proses buang air besar menjadi lebih mudah.
 

2. Perbanyak Minum Air

Jika tidak cukup cairan, tinja dapat menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Saat sahur dan berbuka puasa, pastikan untuk minum banyak air agar tubuh tetap terhidrasi dan pencernaan lancar.
 

3. Aktivitas Fisik Rutin

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan peristaltik usus dan membantu pencernaan, tetapi intensitasnya mungkin berkurang selama puasa. Tetap aktif dengan berjalan kaki ringan atau melakukan aktivitas fisik lain yang sesuai dengan kondisi tubuh.
 

4. Hindari Makanan yang Menyebabkan Konstipasi

Makanan tinggi lemak, makanan olahan, dan minuman berkafein tidak boleh dikonsumsi, karena dapat menyebabkan konstipasi.
 

5. Pola Makan yang Teratur

Selama bulan Ramadhan, ada jadwal makan yang terbatas. Namun, tetaplah teratur dengan membagi makanan Anda menjadi bagian sahur dan berbuka puasa. Hindari makan terlalu banyak saat berbuka puasa karena dapat menyebabkan masalah pencernaan.
 

6. Konsultasi dengan Ahli Kesehatan

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter jika masalah buang air besar terus-menerus atau menjadi lebih parah. Mereka dapat memberi saran yang tepat dan rencana pengobatan yang efektif untuk mengatasi masalah pencernaan.

 

Dengan melakukan tindakan ini, umat Muslim dapat menjalani puasa Ramadan dengan nyaman dan sehat tanpa mengalami masalah buang air besar. Ingatlah bahwa kesehatan pencernaan sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, dan perhatikan isyarat tubuh anda selama bulan yang penuh berkah ini.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/constipation/eating-diet-nutrition

https://health.clevelandclinic.org/constipation-6-hints-to-help-you-return-to-regular-bowel-movements

https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000120.htm

https://www.medicalnewstoday.com/articles/constipation-during-ramadan#symptoms

 

YesDok Ads