SIMAK PENANGANAN SAAT PINGGUL ALAMI GLUTEAL AMNESIA YUK

November 20, 2023 | Dea

Gluteal amnesia, apa itu gluteal amnesia, gluteal amnesia penyebab, cedera otot pinggul, otot bokong, nyeri pinggul, otot kaku, gejala dead butt syndrome, resiko duduk terlalu lama, yesdok

Sobat Yesdok, apakah anda sering mengalami nyeri pada area sekitar pinggul atau bokong? Selain itu, anda juga merasa tidak nyaman dan kekakuan saat duduk terlalu lama. Kondisi ini terjadi sangat sering dan menghambat aktivitas sehari-hari. Kondisi kekakuan pada area pinggul ini disebut dead butt syndrome atau dalam istilah medisnya yaitu gluteal amnesia (kondisi otot gluteus maximus / otot besar di bokong menjadi lemah atau tidak aktif secara optimal).
 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mengenal Gluteal Amnesia
 

Gluteal amnesia merupakan kondisi otot gluteus maximus, yaitu otot besar di bokong, menjadi lemah atau tidak aktif secara optimal. Kondisi ini juga sering disebut Dormant Butt Syndrome atau Dead Butt Syndrome. Ditandai dengan kondisi yang dapat muncul ketika otot bokong tidak bekerja dengan efektif.
 

Gluteal amnesia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk duduk terlalu lama, kurangnya aktivitas fisik yang melibatkan otot bokong, atau postur tubuh yang buruk. Gaya hidup yang kurang aktif dan kebiasaan duduk terlalu lama di depan komputer atau layar lainnya dapat menyebabkan otot bokong "mengantuk" atau menjadi tidak aktif.
 

Otot gluteus maximus berperan penting dalam mendukung berbagai gerakan tubuh, termasuk berjalan, berlari, dan menopang tubuh saat berdiri. Jika otot ini tidak berfungsi dengan baik, dapat memengaruhi stabilitas, postur, dan kinerja fisik seseorang.



 

Gejala Gluteal Amnesia
 

Berikut ini merupakan beberapa gejala penderita dead butt syndrome, antara lain:
 

  • Penderitanya akan mengalami nyeri pinggul, nyeri punggung bagian bawah, atau ketidaknyamanan selama beraktivitas fisik.

     
  • Menyebabkan ketidakstabilan sendi dan meningkatkan risiko cedera, karena tubuh mungkin mengandalkan otot lain untuk menggantikan fungsi yang seharusnya dijalankan oleh otot bokong.
     
  • Merasakan ketidaknyamanan atau kekakuan saat duduk terlalu lama.

 

  • Tingkat resiko cedera otot punggung yang tinggi.
     
  • Keterbatasan dalam aktivitas sehari-hari seperti menaiki tangga, berjalan dan berlari.



 

Pencegahan dan pengobatan melibatkan latihan dan aktivitas fisik yang bertujuan untuk memperkuat otot bokong. Latihan-latihan ini mungkin mencakup glute bridge, lunges, atau squat. Perubahan gaya hidup seperti meminimalkan waktu duduk terlalu lama, menjaga postur tubuh yang baik, dan melakukan peregangan juga dapat membantu mencegah atau mengatasi gejala gluteal amnesia.

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI


 

https://www.michiganmedicine.org/health-lab/are-you-risk-dead-butt-syndrome

https://denverptis.com/dead-butt-syndrome/

https://health.clevelandclinic.org/no-joke-your-desk-job-promotes-dead-butt-syndrome/

 

YesDok Ads