SIMAK BLIGHTED OVUM, KONDISI JANIN HILANG DARI KANDUNGAN

November 22, 2023 | Dea

Blighted ovum, blighted ovum adalah, penyebab blighted ovum, usia kehamilan blighted ovum, apa itu blighted ovum, ciri ciri blighted ovum, tanda blighted ovum, kehamilan kosong, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda mendengar kondisi janin hilang dari kandungan? Beberapa orang mengaitkan hal tersebut dengan peristiwa metafisik seperti gangguan dari makhluk halus terhadap janin di dalam kandungan. Tentunya hal tersebut merupakan mitos, karena kondisi ini dapat dijelaskan secara medis yang diistilahkan dengan blighted ovum. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut.

 

Mengenal Blighted Ovum

Blighted ovum atau kehamilan kosong merupakan kondisi saat suatu sel telur dibuahi menjadi blastosis di dalam rahim, namun embrio yang sedang berkembang gagal berkembang dengan baik. Kondisi ini layaknya kehamilan pada umumnya, kantung kehamilan (sakus gestasional) tetap terbentuk. 

Hal yang membedakannya yakni perkembangan embrio yang terhenti mengalami pertumbuhan pada tahap awal kehamilan. Meskipun kantung kehamilan bisa ada, namun tidak ada embrio yang berkembang di dalamnya. Seseorang yang mengalami kram ringan pada daerah panggul dan perut. Selain itu, seseorang akan mengalami pendarahan melalui vagina, jaringan yang keluar berwarna abu terang serta gumpalan darah. 
 

Berikut merupakan beberapa penyebab terjadinya blighted ovum, antara lain:
 

  • Faktor genetik
     
  • Mengidap PCOS
     
  • Usia yang tua saat kehamilan
     
  • Ketidakseimbangan hormon
     
  • Terpapar infeksi
     
  • Mengidap autoimun
     
  • Mengidap penyakit endokrin
     
  • Kondisi jaringan membagi rahim menjadi beberapa bagian (septum)
     
  • Kualitas sperma yang buruk
     
  • Kelainan pada kromosom

     

Proses Terjadinya Blighted Ovum

Berikut ini beberapa proses terjadinya blighted ovum, antara lain:
 

Pembentukan Kantung Kehamilan

Sel telur yang telah dibuahi menanamkan diri di dinding rahim dan menyebabkan pembentukan kantung kehamilan. Ini dapat menyebabkan wanita mengalami tanda-tanda awal kehamilan, seperti penundaan menstruasi.
 

Gagal Berkembangnya Embrio

Meskipun kantung kehamilan terbentuk, embrio yang berkembang di dalamnya mengalami masalah pertumbuhan atau tidak berkembang sama sekali. Pada beberapa kasus, embrio bisa berhenti tumbuh di tahap sangat awal, sehingga tidak mungkin terdeteksi melalui pemeriksaan ultrasonografi biasa.

Blighted ovum dapat menjadi pengalaman emosional yang sulit bagi pasangan yang mengalami keguguran ini. Dukungan emosional dan konseling mungkin diperlukan untuk membantu mengatasi dampak psikologisnya.
 

Penting untuk dicatat bahwa blighted ovum biasanya merupakan kejadian kebetulan dan tidak dapat dihindari. Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21924-blighted-ovum

https://www.saintlukeskc.org/health-library/understanding-blighted-ovum

https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/blighted-ovum/

 

YesDok Ads