SIMAK 8 GEJALA TERSERANG CACAR AIR YUK!

December 21, 2023 | Dea

cacar air gejala, kenapa bisa terkena cacar air, penyebab penyakit cacar air, ciri2 cacar air, bintik awal cacar air, cacar air pada dewasa, sakit cacar air, nama virus penyebab cacar air, contoh cacar air, yesdok

Sobat Yesdok, cacar air, juga disebut chickenpox, disebabkan oleh virus varicella-zoster. Meskipun lebih umum pada anak-anak, orang dewasa juga dapat mengalaminya. Mengidentifikasi gejala cacar air sangat penting untuk mencegah penyebaran virus dan meredakan ketidaknyamanan. Berdasarkan informasi dari sumber kesehatan terpercaya seperti KidsHealth, Mayo Clinic, Cleveland Clinic, dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), artikel ini akan membahas delapan gejala cacar air.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

8 Gejala Saat Terserang Cacar Air

Berikut ini beberapa gejala yang muncul saat seseorang terserang penyakit cacar air, antara lain:
 

1. Ruam Merah yang Gatal

Cacar air biasanya menimbulkan ruam merah yang gatal di seluruh tubuh, biasanya dimulai di wajah, tengah tubuh, dan punggung sebelum menyebar ke area lain.
 

2. Bentuk Lecet atau Blister

Jika Anda menderita cacar air, ruam dapat berkembang menjadi lecet atau blister yang mengandung cairan. Setelah beberapa hari, blister tersebut dapat pecah dan membentuk kerak sebelum sembuh
 

3. Demam

Menurut Cleveland, demam adalah gejala umum cacar air. Suhu tubuh yang meningkat dapat disertai dengan gejala lain seperti kelelahan, kelelahan, dan hilang nafsu makan.
 

4. Sakit Kepala

Salah satu gejala cacar air adalah sakit kepala. Gejala ini dapat menunjukkan bahwa tubuh sedang melawan infeksi.
 

5. Sakit Perut

Sebagai gejala cacar air, sebagian anak-anak dapat mengalami sakit perut atau mual.
 

6. Nyeri Otot dan Sendi

Menurut Mayo Clinic, cacar air kadang-kadang disertai dengan nyeri otot dan sendi. Ini dapat menyebabkan penderitanya merasa tidak nyaman dan lemah.
 

7. Hilang Nafsu Makan

Hilang nafsu makan pada penderita cacar air dapat disebabkan oleh demam dan gejala lainnya, yang dapat berdampak pada tingkat energi dan kesejahteraan umum.
 

8. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Sebagai respons tubuh terhadap infeksi, beberapa penderita cacar air dapat mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di area yang terkena cacar air, menurut CDC.
 

Mengenali gejala cacar air seperti ruam merah, demam, dan gatal adalah langkah pertama dalam mengatasi penyakit ini. Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.

 

REFERENSI

https://kidshealth.org/en/parents/chicken-pox

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chickenpox/symptoms-causes/syc-20351282

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4017-chickenpox

https://www.cdc.gov/chickenpox/about/symptoms.html

 

YesDok Ads