SIMAK 7 TRIK AGAR HIDUP LEBIH TENANG YUK!

December 27, 2023 | Dea

tips hidup tenang, agar hidup tenang, kunci hidup tenang dan damai, agar hati tenang, biar hati tenang, cara agar hati dan pikiran tenang, cara agar hati tenang, supaya hati tenang, yesdok

Sobat Yesdok, kesehatan fisik dan mental dapat terpengaruh oleh gaya hidup yang penuh tekanan dan rutinitas sehari-hari. Untuk mencapai ketenangan dalam kehidupan sehari-hari, ikuti tujuh trik ini, menurut beberapa sumber kesehatan, yang dapat membantu anda menjadi lebih santai.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Trik Agar Hidup Tenang

Berikut ini merupakan beberapa trik agar dapat menjalani kehidupan yang lebih tenang, antara lain:
 

1. Praktikkan Meditasi dan Mindfulness

Sudah terbukti bahwa meditasi dan kesadaran diri berguna untuk menurunkan stres dan meningkatkan ketenangan. Setiap hari, sediakan sedikit waktu untuk duduk dengan santai, menarik napas dalam-dalam, dan membiarkan pikiran anda mengalir begitu saja.
 

2. Terapkan Teknik Napas Dalam

Untuk menenangkan diri dan menurunkan stres, coba teknik pernapasan dalam seperti pernapasan diafragma atau pernapasan 4-7-8.
 

3. Pandai Mengelola Waktu

Rasa cemas dapat dikurangi dengan merencanakan kegiatan dengan baik dan memprioritaskan pekerjaan. Pilah waktu untuk pekerjaan, istirahat, dan hiburan. Fokus pada satu tugas pada satu waktu.
 

4. Olahraga dan Aktivitas Fisik

Olahraga tidak hanya membantu Anda menjadi lebih baik secara fisik, tetapi juga dapat membantu mengeluarkan endorfin, hormon yang dapat membantu anda merasa lebih baik dan lebih tenang, seperti berjalan kaki, berlari, atau yoga.
 

5. Praktekkan Journaling

Jurnalistik dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan. Tentukan tujuan kecil, tuliskan hal-hal yang membuat anda bersyukur, atau gunakan jurnal sebagai tempat untuk memproses emosi anda.
 

6. Tetap Terhubung dengan Orang Tercinta

Hubungan sosial yang kuat dapat membantu orang mendapatkan dukungan emosional dan merasa lebih baik. Sediakan waktu untuk bertemu dengan teman dan keluarga, baik secara langsung maupun melalui komunikasi online.
 

7. Kembangkan Hobi dan Kreativitas

Hobi atau aktivitas kreatif dapat menjadi cara yang bagus untuk menenangkan diri dan melepaskan tekanan. Menciptakan sesuatu, seperti melukis, menulis, atau bermain musik, dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk ekspresi diri.


 

Meskipun ketenangan tidak dapat dicapai secara instan, melakukan latihan ini secara teratur dapat membantu anda menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan seimbang. Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, jadi temukan kombinasi strategi yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensi. Dengan menjalani kehidupan yang lebih tenang, anda dapat mengoptimalkan kesejahteraan mental dan menghadapi tantangan sehari-hari dengan lebih santai.


 

REFERENSI

https://www.benenden.co.uk/be-healthy/mind/how-to-be-a-calmer-person/

https://www.mentalhealthcenter.org/habits-that-make-you-calmer/

https://hilltophypnotherapy.co.uk/2022/04/21/stressmanagementtechniques/

https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety#5.-Try-journaling

 

YesDok Ads