SIMAK 7 TIPS TIDUR UNTUK PENDERITA INSOMNIA YUK

January 16, 2024 | Dea

cara mengatasi insomnia, mengatasi insomnia, mengatasi insomnia secara alami, cara mengatasi insomnia akut, cara mengatasi insomnia berat, cara mengatasi insomnia menurut psikologi, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu gangguan tidur yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan adalah insomnia. Dengan beberapa tips yang akan dibahas dalam artikel ini, orang yang mengalami masalah tidur dapat memperbaiki pola tidur mereka dan mendapatkan istirahat yang lebih baik.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Tips Tidur Bagi Penderita Insomnia

Berikut ini 7 tips tidur berkualitas bagi penderita insomnia, antara lain:
 

1. Jaga Konsistensi Jadwal Tidur

Jadwal tidur yang teratur sangat penting untuk mengatur sirkadian tubuh. Coba bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, bahkan akhir pekan, karena ini membantu anda membuat rutinitas tidur yang sehat.
 

2. Buat Rutinitas Tidur yang Menenangkan

Untuk membantu tubuh dan otak bersiap untuk tidur, ritual yang dilakukan sebelum tidur, seperti membaca buku atau mandi dengan air hangat, dapat membantu memberikan sinyal kepada tubuh bahwa saatnya untuk bersiap untuk tidur.
 

3. Batasi Paparan Cahaya Biru sebelum Tidur

Cahaya biru yang berasal dari perangkat elektronik dapat menghambat hormon melatonin, yang berfungsi untuk mengatur tidur. Batasi penggunaan telepon, tablet, atau komputer setidaknya satu jam sebelum tidur agar tubuh lebih siap untuk tidur.
 

4. Hindari Kafein dan Stimulan

Jika Anda ingin tidur lebih mudah, hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman energi beberapa jam sebelum tidur. Anda juga harus memperhatikan makanan atau minuman lain yang mengandung stimulan.
 

5. Jauhi Jam Tidur dan Alarm

Jangan terlalu memperhatikan alarm atau jam tidur saat tidur karena ini dapat meningkatkan stres dan kecemasan terkait tidur. Jika anda tidak bisa tidur, lebih baik bangun dan melakukan aktivitas yang menenangkan sampai anda merasa nyaman.
 

6. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Untuk tidur dengan baik, gunakan matras dan bantal yang mendukung, atur suhu ruangan agar nyaman, dan hindari cahaya dan kebisingan.
 

7. Jangan Tidur Terlalu Lama di Siang Hari

Jika anda perlu tidur siang, batasi jumlah waktu yang anda habiskan untuk tidur dan hindari tidur terlalu dekat dengan waktu tidur malam karena ini dapat mengganggu pola tidur.
 

Kesehatan dan kualitas hidup seseorang dapat sangat dipengaruhi oleh insomnia. Penderita insomnia dapat membuat kebiasaan tidur yang lebih baik dengan menerapkan strategi tidur yang disebutkan di atas. Namun, jika masalah tidur terus berlanjut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan bantuan tambahan. Kesehatan tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik.
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.cbc.ca/news/health/insomnia-tips-sleep-1.3677363

https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2020/january/how-to-conquer-insomnia

https://www.sleepfoundation.org/insomnia/treatment/what-do-when-you-cant-sleep

YesDok Ads