SIMAK 7 MANFAAT ASAM FOLAT, SALAH SATUNYA CEGAH BIBIR SUMBING

January 03, 2024 | Dea

asam folat untuk promil, manfaat asam folat, fungsi asam folat, efek minum asam folat sebelum hamil, manfaat asam folat untuk promil, kelebihan asam folat, fungsi obat asam folat, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama selama kehamilan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh manfaat kesehatan luar biasa asam folat, dengan penekanan khusus pada peran pentingnya dalam mencegah bibir sumbing, salah satu kelainan bawaan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



7 Manfaat Asam Folat

Berikut ini beberapa manfaat asam folat bagi kesehatan tubuh, antara lain:


1. Mencegah Bibir Sumbing dan Kelainan Bawaan

Studi yang dipublikasikan di PubMed Central menyatakan bahwa asam folat memainkan peran penting dalam mencegah kelainan bawaan seperti bibir sumbing selama perkembangan awal janin. Mengkonsumsi makanan yang cukup sebelum dan selama kehamilan dapat menurunkan risiko terkena kelainan ini.


2. Pertumbuhan Sel yang Sehat

Asam folat sangat penting untuk sintesis dan perbaikan DNA, yang mendukung pertumbuhan sel yang sehat, dan selama perkembangan, terutama selama pembentukan organ penting pada fase awal kehamilan.


3. Pemeliharaan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi asam folat dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular karena dapat mengurangi tingkat homosistein dalam darah, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.


4. Dukungan bagi Kesehatan Mental

Menurut Medical News Today, kekurangan asam folat dikaitkan dengan kemungkinan besar mengalami gangguan mental. Ini karena asam folat bertanggung jawab atas produksi neurotransmitter penting seperti serotonin, yang berdampak pada suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan.


5. Mencegah Anemia Megaloblastik

Anemia megaloblastik, suatu kondisi di mana sel darah merah menjadi besar dan tidak berfungsi dengan baik, dapat disebabkan oleh kekurangan asam folat.

6. Dukungan Kesehatan Mata

Selain membantu menjaga kesehatan mata, asam folat dapat membantu mencegah degenerasi makula, penyakit mata yang umum pada orang tua.
 

7. Pencegahan Malformasi Neural pada Janin

Asam folat sangat penting selama perencanaan kehamilan dan awal kehamilan karena dapat mencegah malformasi neural janin seperti spina bifida.

Asam folat memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti mendukung pertumbuhan sel yang sehat dan mencegah bibir sumbing. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi cukup asam folat melalui makanan atau suplemen, terutama bagi wanita hamil atau yang merencanakan kehamilan. 


 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3381272/

https://www.webmd.com/baby/folic-acid-and-pregnancy

https://www.medicalnewstoday.com/articles/219853

https://www.healthline.com/health/pregnancy/folic-acid#next-steps

 

YesDok Ads