SIMAK 7 ATURAN DALAM MEMBANGUN RELASI YUK!

December 13, 2023 | Dea

cara membangun relasi, membangun relasi, cara membangun relasi yang baik, membangun relasi adalah, relasi kerja adalah, cara memperluas pertemanan, cara memperluas relasi, aturan menambah relasi, yesdok

Sobat Yesdok, anda perlu tahu bahwa membangun hubungan bukan hanya tentang mendapatkan manfaat secara langsung, itu juga tentang memahami dan menghargai kebutuhan, nilai, dan pendapat orang lain. Hubungan yang sehat melibatkan saling mendukung, memahami satu sama lain, dan berkontribusi positif pada pertumbuhan dan kesejahteraan bersama.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Aturan Membangun Relasi

Proses aktif dan sadar untuk membentuk, memperkuat, dan memelihara hubungan antara individu atau kelompok disebut membangun relasi. Proses ini melibatkan berbagai aspek, seperti komunikasi yang efektif, pengertian yang sama, kerja sama, dan keterbukaan. Membangun relasi dapat terjadi dalam berbagai situasi, seperti hubungan pribadi, profesional, atau sosial.

Membangun relasi dalam dunia bisnis atau profesional dapat berarti membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja, atasan, klien, atau mitra bisnis. Ini mencakup upaya untuk membangun kepercayaan, saling mendukung, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Relasi yang baik di tempat kerja juga dapat meningkatkan produktivitas, menciptakan lingkungan kerja yang positif, dan mendorong kemajuan profesional.
 

Berikut ini beberapa aturan yang terbaik dalam membangun relasi, antara lain:
 

1. Aktif Mendengarkan

Keterampilan mendengarkan yang baik adalah kunci untuk hubungan yang sehat, menurut Harvard Business Review. Memberikan perhatian sepenuh hati kepada orang lain tidak hanya membuat koneksi emosional, tetapi juga membuat mereka lebih memahami apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh rekan kerja mereka.
 

2. Berempati dan Menghargai Perbedaan

Pentingnya untuk memahami dan menghargai perbedaan untuk membangun hubungan yang sehat. Hubungan di tempat kerja dapat diperkuat dengan mengakui sudut pandang dan pengalaman orang lain.
 

3. Jujur dan Terbuka 

Menurut Harvard Business Review, keterbukaan dan kejujuran adalah kunci dalam membangun relasi. Mengkomunikasikan ide-ide, harapan, dan kekhawatiran dengan jelas membantu menciptakan lingkungan di mana kepercayaan dapat berkembang.
 

4. Bersikap Profesional dan Etika

Bersikap profesional dan beretika sangat penting dalam hubungan kerja. Hubungan di tempat kerja dapat diperkuat dengan mematuhi standar etika, menjaga batas pribadi dan profesional, dan tetap jujur.
 

5. Memberikan dan Menerima Umpan Balik

Panduan yang diberikan oleh Healthdirect Australia, menyatakan bahwa memberikan dan menerima kritik konstruktif adalah bagian penting dari membangun relasi yang sehat. Selama proses ini, orang dapat tumbuh dan berkembang secara pribadi, yang dapat meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan.
 

6. Kolaborasi dan Tim Kerja

Harvard Business Review menekankan bahwa kerja tim dan kolaborasi sangat penting untuk membangun relasi di tempat kerja. Memahami dan menghargai tugas yang dimainkan oleh setiap anggota tim membantu mengembangkan budaya kerja yang inklusif.
 

7. Memelihara Keseimbangan Kehidupan Kerja dan Kehidupan Pribadi

Pentingnya menjaga keseimbangan antara hidup pribadi dan pekerjaan. Memiliki waktu untuk diri sendiri dan hubungan di luar pekerjaan dapat membantu Anda merasa lebih baik secara emosional dan membangun hubungan yang sehat.
 

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini dalam interaksi sehari-hari di tempat kerja, orang dapat membuat lingkungan yang mendukung pertumbuhan pribadi, kepuasan kerja, dan pencapaian tujuan bersama. Membangun hubungan yang kuat bukan hanya membantu dalam pekerjaan tetapi juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan.



 

REFERENSI

https://hbr.org/2022/08/how-to-build-real-relationships-at-work 

https://www.mentalhealth.org.uk/our-work/public-engagement/healthy-relationships/top-tips-building-and-maintaining-healthy-relationships 

https://ctb.ku.edu/en/table-of-contents/leadership/leadership-functions/build-sustain-relationships/main

https://www.healthdirect.gov.au/building-and-maintaining-healthy-relationships

 

YesDok Ads