SIMAK 6 RESIKO KEBANYAKAN MAKAN KUE KERING SAAT NATAL

December 28, 2023 | Dea

Bahaya makan kue kering, resiko makan kue kering, makan kue kering, kalori kue kering, bahaya kue kering, kue kering dampaknya bagi kesehatan, natal dan tahun baru 2024, yesdok

Sobat Yesdok, natal biasanya diiringi dengan banyak makanan, terutama kue kering. Namun, mengonsumsi terlalu banyak kue kering dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah enam risiko yang perlu diperhatikan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Resiko Makan Kue Kering Berlebihan

Berikut ini beberapa resiko berlebihan makan kue kering, antara lain:
 

1. Peningkatan Konsumsi Gula

Makanan manis, seperti kue kering, banyak mengandung gula. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan obesitas, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan metabolik anda.
 

2. Peningkatan Lemak dan Kalori

Kue kering sering mengandung banyak kalori dan lemak. Makan makanan tinggi lemak dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan terkait lainnya, seperti diabetes tipe 2. Memperhatikan porsi dan memilih makanan yang lebih sehat dapat membantu mengontrol asupan kalori dan lemak.
 

3. Risiko Gangguan Pencernaan

Pencernaan dapat mengalami masalah karena kue kering yang mengandung banyak lemak jenuh dan gula. Konsumsi berlebihan makanan yang sulit dicerna dapat menyebabkan refluks asam dan masalah lambung lainnya.
 

4. Dampak Terhadap Kesehatan Gigi

Gula dalam kue kering dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi. Untuk mencegah masalah kesehatan gigi, menjaga mulut anda bersih dengan menghindari makan makanan manis.
 

5. Peningkatan Risiko Penyakit Liver

Konsumsi gula berlebihan, terutama fruktosa, dapat meningkatkan risiko penyakit hati. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit hati non-alkoholik.
 

6. Peningkatan Risiko Penyakit Jantung

Mengganti beberapa kue kering dengan camilan yang lebih sehat dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda karena kue kering meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Kue kering tetap merupakan bagian penting dari perayaan Natal, tetapi penting untuk memperhatikan asupan gula, lemak, dan kalori dan membatasi porsi untuk menikmatinya tanpa membahayakan kesehatan anda. Ingatlah bahwa kesehatan adalah investasi, dan melakukan pilihan yang tepat saat liburan dapat membantu anda tetap sehat dalam jangka panjang.

 

 

REFERENSI

https://www.thehealthsite.com/photo-gallery/dangers-of-overindulging-in-sweets-during-christmas-and-new-year-celebrations-937806/sugar-consumption-and-liver-disease-937808/

https://www.npr.org/templates/story/story.php?storyId=6672644

https://www.weightandwellness.com/resources/articles-and-videos/whats-christmas-cookie-nutritionist-breaks-it-down/

 

YesDok Ads