SIMAK 5 KEBIASAAN YANG BAIK BAGI GINJAL

September 26, 2023 | Dea

ginjal, olahraga, airputih, blueberi, gula, gagalginjal, batuginjal

Sobat YesDok, pasti tahukan jika ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting sekali bagi metabolisme tubuh. Namun, banyak sekali kasus terjadinya gagal ginjal padahal penderitanya masih sangat muda.


 

Karena gaya hidup yang buruk dapat sekali merusak ginjal. Oleh karena itu, anda harus bisa membatasi diri anda dari pola hidup tidak sehat. Jika ginjal anda rusak, maka anda membutuhkan donor ginjal yang sangat mahal dan terbatas keberadaannya.


 

Oleh karena itu, jika ingin menjaga ginjal anda agar tetap sehat, sebaiknya anda menyimak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 


 

5 Kebiasaan Baik Bagi Ginjal



 

Ginjal merupakan organ tubuh yang berhubungan erat dengan proses metabolisme, peran ginjal sendiri yaitu berfungsi untuk menyaring darah, menjaga keseimbangan cairan elektrolit tubuh, dan memproduksi hormon.

Kerusakan pada ginjal dapat menimbulkan penyakit yaitu, batu ginjal, kista ginjal, infeksi ginjal, dan gagal ginjal akut.

 

Berikut ini merupakan kebiasaan yang harus anda terapkan jika ingin ginjal anda tetap sehat, antara lain:



 

1. Minum Air 8 Gelas Sehari

 

Usahakan tubuhmu agar terhidrasi sepanjang hari, hal ini baik untuk membantu ginjal anda membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum air yang disarankan yaitu 2 liter per hari.



 

2. Hindari Konsumsi Banyak Gula 
 

Gula berkontribusi pada penyakit hipertensi, diabetes dan obesitas yang dapat memicu kerusakan pada ginjal.



 

3. Rutin Melakukan Olahraga
 

Olahraga dapat membantu anda untuk mengontrol berat badan sehingga terhindar dari obesitas yang merupakan musuh utama bagi ginjal.



 

4. Mengonsumsi Buah dan Protein Hewan Secara Seimbang
 

Anda harus membiasakan diri untuk mengonsumsi buah dan mengurangi konsumsi protein hewani dengan jumlah yang tidak seimbang. Karena protein hewani memproduksi banyak asam dalam darah yang dapat membahayakan ginjal dan dapat menyebabkan asidosis (ginjal tidak dapat menghilangkan zat asam dalam waktu cepat).




 

5. Rajin Mengonsumsi Blueberi
 

Buleberi kaya akan antioksidan dan berperan sebagai anti inflamasi, mengonsumsi buah ini baik bagi ginjal karena rendah sodium, fosfor dan potassium yang aman bagi ginjal.




 

Selain itu anda juga harus mengontrol stress dan waktu tidur anda agar menjadi teratur. Karena jika tidur terlalu larut sangat beresiko pada kinerja ginjal anda. 



 

REFERENSI


 

https://www.niddk.nih.gov/health-information/kidney-disease/chronic-kidney-disease-ckd/prevention

https://www.kidney.org/content/10-common-habits-that-may-harm-your-kidneys

YesDok Ads