SELALU BERFANTASI DAN MELAMUN, HATI-HATI MENGIDAP SKIZOFRENIA

September 13, 2023 | Dea

Skizofrenia, psikosomatis, gangguanmental

Seseorang yang melalui hari berat membuat dirinya berekspektasi kepada sesuatu hal yang dapat  membuatnya bahagia. Semua orang pasti pernah berfantasi dan berkhayal ingin memiliki sesuatu atau menjadi sesuatu yang terbaik bagi dirinya.
 

Sobat YesDok perlu tahu bahwa otak manusia harus menyeimbangkan pikiran manusia dengan hal-hal yang telah ia lalui setiap harinya. Proses ini menyebabkan manusia menjadi melamun, karena otak membutuhkan waktu untuk memproses apa segala bentuk respon sinyal saraf yang diterima setiap saat.

 

Namun hal ini harus anda curigai jika terjadinya lebih sering dan mengganggu konsentrasi otak dalam melakukan aktivitas yang nyata. Ketidak mampuan otak dalam mengontrol sinyal yang diterima dapat memberikan gangguan pada psikologis anda sehingga memungkinkan terjadinya skizofrenia.
 

Berikut ini adalah pembahasan terkait skizofrenia lebih dalam, sebagai berikut.

 

 

Penyebab Skizofrenia
 

Skizofrenia merupakan salah satu dari gangguan mental kronis yang dapat membuat penderitanya mengalami hal-hal yang membuatnya sulit untuk membedakan antara realitas dengan fantasi, gangguan fungsi otak antara lain memproses memori, nalar dan perilaku.

Penyebabnya terjadinya sering berkaitan dengan terjadinya kesenjangan sosial dan tuntutan dari keluarga, bullying, pelecehan, diskriminasi serta kekerasan fisik. Hal ini membuat dirinya mengalami stres berkepanjangan dan merasa menderita karena memendam semuanya.
 

Berdasarkan data dari WHO, skizofrenia terjadi pada sekitar 24 juta orang atau 1 dari 300 orang (0,32%) seluruh dunia. Pada kalangan dewasa 1 dari 222 orang (0,45%), hal ini sering terjadi saat di masa remaja dan dewasa muda. Paling sering menyerang pria dibanding wanita. 
 

Penyakit psikosomatis ini dapat membuat penderitanya memiliki kemungkinan 2 hingga 3 kali lebih besar menyebabkan meninggal dunia. Karena penyakit ini biasanya dibarengi dengan penyakit fisik lainnya yakni gangguan kardiovaskular, metabolisme dan infeksi kronis lainnya.
 

Penyebab utama dari skizofrenia antara lain :

 

  • Faktor Genetik
     

Penelitian menjelaskan bahwa banyaknya gen berbeda dapat menyebabkan terjadinya skizofrenia. Karena hal ini tidak dapat dengan mudah menurun jika tidak memiliki gen dominan yang menurunkannya.


 

  • Faktor Lingkungan
     

Lingkungan yang buruk dapat mempengaruhi proses perkembangan otak, kombinasi antara faktor genetik, aspek lingkungan dan pengalaman hidup yang buruk dapat menyebabkan kemungkinan timbulnya skizofrenia. Lingkungan yang penuh tekanan, kekurangan ekonomi akan berdampak pada ketidak seimbangan asupan gizi, imunitas yang lemah dapat menyebabkan terinfeksi lebih mudah pada janin dan bayi.

 

  • Kelainan pada struktur dan fungsi otak
     

Terdapat perbedaan antara ukuran area otak tertentu yang berkembang stagnan pada masa sebelum kelahiran. Ketidak seimbangan sinyal kimia yang digunakan otak anda untuk komunikasi sel-sel tubuh lainnya. Sehingga hilangnya koneksi antara area otak anda.

 

Oleh karena itu, jika anda atau keluarga mengalami delusi yang berlebihan sehingga sulit mengontrol dirinya yang berdampak pada kesehariannya, anda dapat mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada pskiater agar dapat dilakukan penyembuhan segera mungkin.
 

Jika anda bingung harus mulai dari mana, anda dapat berkonsultasi melalui YesDok secara videocall dan waktu yang fleksibel 24/7 kapan saja dan dimana saja.


 

 

REFERENSI

 

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4568-schizophrenia

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/schizophrenia?gclid=Cj0KCQjwmICoBhDxARIsABXkXlILHtIkR5oPgu71i86hq6osMBNNfVvTXgzdLNRBFUWH9RjsejUn8DcaAjGtEALw_wcB

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/schizophrenia?gclid=Cj0KCQjwmICoBhDxARIsABXkXlILHtIkR5oPgu71i86hq6osMBNNfVvTXgzdLNRBFUWH9RjsejUn8DcaAjGtEALw_wcB

YesDok Ads