SEBERAPA EFEKTIF SENAM KEGEL? INI 5 MANFAATNYA

May 07, 2024 | Dea

manfaat senam kegel, manfaat senam kegel sebelum tidur, manfaat senam kegel untuk pria, manfaat senam kegel untuk wanita, manfaat senam kegel wanita, manfaat senam kegel bagi pria, yesdok

Sobat Yesdok, senam kegel memperkuat otot dasar panggul, yang bertanggung jawab atas berbagai fungsi tubuh, seperti mengontrol kandung kemih, usus, dan fungsi seksual. Baik pria maupun wanita dapat melakukan senaman Kegel, yang dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Senam Kegel

Senam Kegel sangat disarankan karena dapat melatih kekuatan otot-otot dasar panggul, yang mendukung kandung kemih, rahim, rektum, dan usus kecil. Jika  otot-otot ini lemah, hal ini dapat berakibat fatal dan menyebabkan inkontinensia urine, disfungsi seksual, dan masalah usus. Dengan memperkuat otot-otot ini, senam Kegel dapat membantu mengurangi atau mencegah masalah tersebut.

Latihan Kegel akan memberikan kontraksi dan relaksasi otot dasar panggul. Jika rutin dilakukan, latihan ini dapat meningkatkan kontrol dan kekuatan otot-otot. Efektivitas latihan Kegel bergantung pada konsistensi dan teknik yang tepat.

 

Berikut ini beberapa manfaat utama jika sering melakukan senam kegel, antara lain:

 

1. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih

Kekuatan kandung kemih dapat ditingkatkan dengan senaman Kegel. Latihan ini membantu mengurangi inkontinensia urine, baik akibat stres (seperti batuk atau bersin) atau inkontinensia mendesak. Senam Kegel dapat membantu mengembalikan kontrol kandung kemih bagi pria dan wanita yang baru melahirkan.
 

2. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Senam Kegel memiliki potensi untuk meningkatkan fungsi seksual pria dan wanita. Pada wanita, otot dasar panggul yang kuat dapat meningkatkan orgasme dan kepuasan seksual, dan pada pria, senam Kegel dapat membantu mengatasi masalah ereksi dan meningkatkan kualitas ereksi.
 

3. Mendukung Proses Persalinan dan Pemulihan Pasca Melahirkan

Senam Kegel dapat membantu wanita hamil memperkuat otot dasar panggul selama persalinan, yang dapat membuat persalinan lebih mudah dan mengurangi risiko komplikasi. Setelah melahirkan, latihan ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan dan mencegah masalah seperti prolaps panggul.
 

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Senam Kegel membantu kesehatan usus karena memperkuat otot dasar panggul, yang meningkatkan kontrol usus dan mencegah inkontinensia tinja. Senam Kegel juga membantu kandung kemih dan fungsi seksual.
 

5. Mengurangi Risiko Prolaps Organ Panggul

Ketika otot dasar panggul lemah, organ seperti kandung kemih atau rahim menurun ke vagina. Ini disebut prolaps organ panggul. Senam Kegel memperkuat otot panggul dasar dan mengurangi risiko prolaps.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.

 


 

REFERENSI

https://www.gleneagles.com.sg/health-plus/article/kegel-for-women

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/mens-health/in-depth/kegel-exercises-for-men/art-20045074

https://my.clevelandclinic.org/health/articles/14611-kegel-exercises

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.