SEBERAPA EFEKTIF PENGGUNAAN PORE PACK UNTUK ATASI KOMEDO? BEGINI FAKTANYA

April 23, 2024 | Dea

efek samping menggunakan biore pore pack, efek samping penggunaan pore pack, efek samping pore pack clear and clean, efek whitening pore pack innisfree, yesdok

Sobat Yesdok, beberapa dari anda pasti pernah atau saat ini sedang mengalami kulit yang penuh dengan komedo. Hal ini tentunya sangat meresahkan, serta dapat mengganggu penampilan anda. Namun, adakah cara yang tepat untuk membersihkan komedo? apakah penggunaan pore pack/strip adalah langkah yang tepat?

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Efek Pore Pack

Berikut adalah enam efek penggunaan pore pack yang penting untuk diketahui, antara lain:
 

1. Efektivitas Terbatas dalam Mengangkat Komedo

Pore pack secara fisik dapat mengangkat komedo dengan menempelkan strip pada kulit dan kemudian mencabutnya, yang dapat mengeluarkan komedo dari lapisan permukaan kulit. Namun, teknik ini seringkali hanya berhasil untuk komedo yang lebih dangkal atau whiteheads yang lebih dalam.
 

2. Meningkatkan Risiko Iritasi dan Kemerahan

Karena metode pengangkatan yang agresif, penggunaan pore pack dapat menyebabkan kemerahan, kemerahan, dan bahkan peradangan pada kulit.
 

3. Potensi Kerusakan Kulit

Pore pack mengandalkan perekat untuk menempel pada kulit, sehingga saat mereka dilepas, mereka dapat menghilangkan lapisan kulit yang sehat. Ini dapat mengganggu penghalang kulit, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi dan kerusakan.
 

4. Tidak Mengatasi Penyebab Komedo

Pore pack dapat menghilangkan komedo, tetapi mereka tidak mengatasi penyebabnya, seperti produksi sebum berlebih, sel kulit mati, atau pori-pori yang tersumbat. Tanpa solusi dasar, komedo bisa kembali muncul setelah penggunaan.
 

5. Bisa Menyebabkan Pori-pori Terlihat Lebih Besar

Penggunaan pore pack yang berlebihan dapat merusak struktur kulit, menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar dari waktu ke waktu. Saat pore pack ditarik, pori-pori dapat meregang, yang pada akhirnya membuat kulit terlihat lebih kasar dan pori-pori terlihat lebih besar.
 

6. Alternatif yang Lebih Aman untuk Mengatasi Komedo

Produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide, sebaliknya, dapat membantu mengurangi komedo dengan mengelupas kulit secara lembut dan mengurangi produksi minyak. Metode ini lebih aman dan dapat memberikan hasil yang lebih lama daripada penggunaan pore pack.

Pore pack dapat membantu mengangkat komedo dengan cepat, tetapi menyebabkan iritasi, kerusakan kulit, dan tidak efektif. Terlalu banyak menggunakannya dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada manfaatnya. Untuk menghilangkan komedo, gunakan perawatan kulit yang lebih lembut dan efektif, seperti produk dengan asam salisilat atau benzoyl peroxide, dan selalu bersihkan kulit.



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.beautyhub.ph/skin/skin-concern/pore-strips-facts/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/nose-strips

https://blog.ochsner.org/articles/are-you-stripping-away-at-your-beauty-with-pore-strips

YesDok Ads