RISIKO MENGIDAP CHILDHOOD EMOTIONAL NEGLECT

April 30, 2024 | Dea

cen childhood emotional neglect, childhood emotional neglect, childhood emotional neglect adalah, childhood emotional neglect depression, emotional neglect in childhood effects, yesdok

Sobat Yesdok, anak dengan kondisi di mana dia tidak menerima dukungan emosional yang cukup, perhatian, dan kasih sayang dari orang tua atau pengasuhnya disebut emotional neglect (CEN). CEN lebih sulit dikenali daripada jenis pelecehan lainnya, tetapi dapat berdampak buruk pada pertumbuhan emosional dan psikologis seseorang dalam jangka panjang. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Childhood Emotional Neglect

Berikut adalah beberapa risiko yang terkait dengan Childhood Emotional Neglect, antara lain:
 

1. Kesulitan Mengelola Emosi

Anak-anak dengan CEN seringkali tidak memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, dan mengelola emosi mereka sendiri. Ini dapat menyebabkan masalah dalam mengontrol amarah atau kesulitan dalam mengekspresikan emosi mereka dengan cara yang sehat.
 

2. Masalah dengan Hubungan Sosial

CEN dapat menyulitkan membangun hubungan yang kuat dan positif dengan orang lain. Anak-anak yang diabaikan secara emosional mungkin merasa sulit untuk membangun hubungan emosional yang mendalam atau mempercayai orang lain.
 

3. Tingkat Depresi dan Kecemasan yang Lebih Tinggi

Studi menunjukkan bahwa CEN dapat meningkatkan risiko depresi, kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya di masa depan. Anak-anak yang diabaikan secara emosional seringkali tumbuh dengan rasa tidak aman dan cenderung menyimpan emosi negatif, yang dapat menyebabkan gangguan emosional.
 

4. Perasaan Harga Diri yang Rendah

Anak-anak yang mengalami CEN sering percaya bahwa mereka tidak layak mendapatkan perhatian dan perhatian. Ini dapat menyebabkan rasa malu, yang dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan mereka.
 

5. Masalah Kesehatan Fisik

Stres emosional yang berkepanjangan dapat menyebabkan berbagai masalah fisik, seperti gangguan tidur, gangguan makan, dan penyakit kronis, menurut penelitian CEN.

Meskipun pelecehan emosional anak dapat memiliki konsekuensi yang serius dalam jangka panjang, mengetahui dan menangani masalah ini dengan benar dapat membantu mengurangi dampak negatifnya. Mereka yang mengalami CEN dapat memulai proses penyembuhan dan mempelajari cara membangun hubungan yang sehat dan mengelola emosi dengan lebih baik.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://psychcentral.com/health/emotional-neglect-childhood#what-is-childhood-emotional-neglect

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10305758/

https://www.frontiersin.org/journals/psychiatry/articles/10.3389/fpsyt.2021.681176/full

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.