Rekomendasi Menu Sahur yang Mudah Disiapkan dan Menyehatkan

April 12, 2023 | Iman

Rekomendasi Menu Sahur

Sahur merupakan kegiatan yang dilakukan dengan mengonsumsi makanan pada dini hari sebelum berpuasa. Agar kuat dalam menjalani puasa, penting untuk menyediakan menu sahur yang mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Kira-kira adakah rekomendasi menu sahur yang menyehatkan - simak penjelasan berikut.

Pasalnya, konsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dapat memberikan energi yang cukup serta mencegah terjadinya gula darah rendah selama berpuasa. Tak hanya itu, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik agar terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan sakit kepala, lemas, hingga kram otot.

Rekomendasi Menu Sahur

Untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh selama berpuasa, berikut adalah rekomendasi menu sahur sehat yang bisa Anda siapkan dengan mudah.

1. Air Putih

Rekomendasi menu sahur sehat yang paling penting untuk disiapkan adalah air putih. Pasalnya, minum air putih secukupnya saat sahur dapat mencegah dehidrasi yang menyebabkan tubuh terasa lemas dan mudah lelah selama berpuasa. Tak hanya sahur, Anda juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih saat berbuka puasa dan makan malam (setelah berbuka).

2. Buah-Buahan Segar

Salah satu tips sahur sehat yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan segar, seperti semangka, apel, pisang, dan melon. Buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, buah segar juga mengandung banyak air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa.

3. Sup Sayur

Sup sayur merupakan menu sahur sehat sederhana yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Hal ini dikarenakan sup sayur terbuat dari berbagai macam jenis sayuran, seperti wortel, kentang, kembang kol, dan brokoli, yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat memelihara kesehatan saluran cerna serta membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

4. Makanan Berprotein Tinggi

Makanan berprotein tinggi juga direkomendasikan sebagai menu sahur sehat karena dapat membantu membangun serta memperbaiki jaringan di dalam tubuh. Sejumlah makanan yang mengandung protein tinggi di antaranya susu, telur, daging ikan, daging ayam, dan daging sapi. Namun, sebelum mengolah daging-dagingan, Anda disarankan untuk membuang lemak yang masih menempel agar tidak memicu peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

5. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks merupakan makanan sehat untuk sahur yang dapat menjaga tubuh agar tetap berenergi selama menjalani puasa. Sebab, karbohidrat kompleks akan dicerna secara perlahan yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Adapun beberapa jenis karbohidrat kompleks yang mudah disiapkan dalam menu sahur sehat di antaranya, oatmeal, gandum utuh, nasi merah, dan ubi jalar. Agar lebih sehat, Anda dapat mengolah makanan tersebut dengan cara direbus atau dikukus.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: healthshots)

YesDok Ads