RED FLAG! WASPADAI TANDA SITUATIONSHIP YUK BESTIE

October 23, 2023 | Dea

situationship, redflag, hubungantoxic, hts, friendzone, emosional, psikis, fwb

Sobat YesDok, pernahkah anda mendengar istilah hts atau hubungan tanpa status? Situasi ini menjadi trend dan sering terjadi dalam menjalin hubungan asmara dengan seseorang. 

 

Namun ternyata hts ini termasuk dalam  fenomena psikologi dengan istilah situationship. Oleh karena itu, jika anda sedang mengalami situasi ini ataupun sedang mengalami dilema, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.






 

Mengenal Situationship



 

Situationship merupakan suatu hubungan romantis yang tidak memiliki definisi ataupun label komitmen yang jelas. Hal ini termasuk kategori hubungan asmara, karena dilakukan oleh dua orang yang memiliki ketertarikan emosional, keintiman, dan berbagi afeksi  satu sama lain. 

 

Namun pasangan ini tidak dapat memaknai hubungannya sehingga terciptanya suatu situasi yang dapat menyebabkan ketidakpastian, kecemasan, dan kebingungan tentang masa depan hubungan.


 

Berikut ini penyebab terjadinya situationship, antara lain:



 

  • Merasakan cinta sepihak, perasaan hanya lebih berat pada salah satunya saja, ekspektasi ini terjadi karena pihak lainnya belum yakin dengan perasaannya yang sesungguhnya. Sehingga tidak dapat mendefinisikan hubungan yang ia jalani saat ini.

     
  • Meremehkan perasaan, salah satu pihak menganggap dirinya over-value untuk bisa dimiliki oleh pasangan intimnya. Sehingga dirinya hanya memanfaatkan keadaan untuk mengisi kekosongan saja. Tidak mau terjerat dalam komitmen dengan salah satunya, karena berniat mencari yang sepadan dengannya dikemudian hari.
     
  • Mengidap gamophobia, merupakan suatu fobia yang dapat ditandai dengan ketakutan seseorang dengan komitmen. Ketakutan ini begitu kuat dirasakan, membuat seseorang menjadi overthinking,  sehingga alam bawah sadarnya selalu menolak untuk merasakan emosi spesial terhadap orang tertentu, bahkan dirinya secara otomatis dapat menghentikan hubungan serius dan berjangka panjang secara impulsif.

     
  • Mengidap emotional addiction, salah satu atau keduanya suka menarik ulur dan bermain game. bersikap manipulatif dan suka menjadi pelaku di dalam hubungan toxic.







 

Tanda Situationship



 

Berikut ini beberapa tanda situationship, antara lain:


 

  • Tidak ada label dan kepastian dalam hubungan asmara yang dijalani
     
  • Tidak memiliki rencana jangka panjang dalam hubungan
     
  • Tidak dilibatkan dalam rencana hidup dan impiannya
     
  • Hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadinya, seperti hubungan seksual
     
  • Selalu merahasiakan adanya ketertarikan satu sama lain dihadapan orang banyak
     
  • Tidak ada batasan yang jelas antara perlakuan teman atau pasangan
     
  • Sering menemui orang lain tanpa rasa bersalah 
     
  • Tidak ada pembicaraan dan komunikasi yang mengarah ke masa depan





 

Jika anda mengalami situasi di atas, sebaiknya anda meninggalkan sosok red flag tersebut segera mungkin, meskipun berat karena sudah terjebak, namun anda dapat melakukan konsultasi kepada psikolog agar terhindar dari kemungkinan terburuk. Karena hal ini dapat membuat diri rentan mengalami gangguan mental kronis di masa depan, cintailah diri anda terlebih dahulu, lalu orang lain. 


 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.






 

REFERENSI



 

https://health.clevelandclinic.org/what-is-a-situationship/

https://www.choosingtherapy.com/situationship/

https://www.instyle.com/lifestyle/hump-day/what-is-a-situationship

YesDok Ads