PERUT MAKIN BUNCIT, SIMAK 4 OLAHRAGA MENGECILKAN PERUT YUK

November 20, 2023 | Dea

Olahraga buat perut buncit, workout untuk mengecilkan perut, olahraga perut buncit, olahraga kecilin perut, latihan mengecilkan perut buncit, senam untuk perut buncit, yesdok

Sobat Yesdok, apakah saat ini anda merasa perut anda terlihat besar atau buncit? Padahal bagian tubuh anda yang lainnya berukuran normal. Hal ini tentunya membuat anda kesal karena sangat mengganggu penampilan, bahkan membuat anda merasa sesak. Sebenarnya apa sih penyebab perut buncit? Serta olahraga apa yang tepat untuk mengecilkan perut yang buncit?
 

Oleh karena itu, untuk mengetahui manfaatnya lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Penyebab Perut Buncit

Perut buncit merupakan kondisi saat perut terlihat membesar, menciptakan tampilan yang melengkung. Kondisi ini merujuk pada penumpukan lemak di daerah perut atau pembengkakan yang membuat perut tampak lebih besar dari ukuran normalnya. 

Perut buncit bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan beberapa di antaranya melibatkan gaya hidup, faktor genetik, dan masalah kesehatan tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab umum perut buncit:
 

  • Pola Makan Tidak Sehat: makanan tinggi lemak, gula, dan garam berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut. Kelebihan mengkonsumsi karbohidrat olahan juga dapat memicu perut buncit.
     
  • Kurangnya Aktivitas Fisik: kurangnya aktivitas fisik dan gaya hidup tidak sehat dapat memicu perut buncit.
     
  • Stres: stres kronis dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang dapat merangsang penumpukan lemak di area perut. Selain itu, dirinya akan lebih cenderung mengonsumsi makanan manis.
     
  • Kurangnya Tidur: kurang tidur dapat memengaruhi metabolisme, mengganggu regulasi hormon dan nafsu makan. Ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan perut buncit.
     
  • Aging (Penuaan): proses penuaan alami dapat menjadi faktor distribusi lemak di tubuh, dengan kecenderungan penumpukan lemak di sekitar perut.
     
  • Genetika: beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki perut buncit.
     
  • Masalah Kesehatan: beberapa masalah kesehatan, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) pada wanita, gangguan hormonal, atau masalah pencernaan seperti kembung atau intoleransi makanan tertentu, dapat menyebabkan perut terlihat buncit.
     
  • Retensi Cairan: terjadinya retensi cairan dapat menyebabkan pembengkakan di area perut, memberikan kesan perut buncit.
     
  • Pasca Melahirkan: elastisitas otot perut menurun, hal ini menyebabkan perut terlihat buncit setelah melahirkan.


 

Olahraga Perut Buncit

Berikut ini beberapa olahraga untuk mengecilkan perut buncit, antara lain:
 

Mengurangi perut dan membentuk otot perut memerlukan kombinasi antara latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan manajemen pola makan. Berikut adalah lima jenis olahraga yang dapat membantu mengencangkan perut:
 

  • Cardio Interval Training: latihan kardiovaskular, seperti berlari, bersepeda, atau berenang, dapat membantu membakar lemak secara efektif yang dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak di area perut.
     
  • Latihan Kekuatan untuk Otot Perut: latihan kekuatan yang fokus pada otot perut dapat membentuk dan mengencangkan area tersebut. Latihan seperti sit-up, crunch, leg raises, plank, dan twist russian.
     
  • Yoga: Posisi seperti plank, boat pose, dan downward-facing dog dapat memberikan latihan yang baik untuk otot perut.
     
  • Pilates: Latihan pilates dapat membantu menguatkan otot-otot perut dan meningkatkan fleksibilitas. Beberapa gerakan Pilates yang dapat bermanfaat untuk perut termasuk hundred, leg circles, dan roll-up.

 

Namun, olahraga ini juga harus disesuaikan dengan menjaga pola makanan dengan gizi yang seimbang. Karena dapat berperan penting dalam mencapai tujuan untuk mengencangkan perut. Ini termasuk mengonsumsi makanan seimbang, menghindari makanan tinggi lemak dan gula,  konsumsi alkohol dan mempertimbangkan porsi makan yang tepat.

Sebelum memulai program latihan baru, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau pelatih olahraga untuk memastikan kesesuaian dan keamanan program tersebut dengan kondisi kesehatan individu.

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter untuk memulai program diet dan olahraga  pengecilan perut buncit. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI
 

https://www.optifast.co.uk/blog/fitness/best-exercises-to-target-belly-fat/

https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/ab-exercises-for-men

 

YesDok Ads