PENYEBAB KUTU AIR PADA KAKI

March 27, 2024 | Dea

kutu air, kutu air di kaki, penyebab kutu air, ciri ciri kutu air, cara menghilangkan kutu air, cara mengobati kutu air di sela jari kaki, cara mengatasi kutu air, kutu air bernanah, yesdok

Sobat Yesdok, kutu air pada kaki, juga disebut "kaki atlet" atau "tinea pedis", adalah infeksi jamur yang umum terjadi di kaki. Meskipun tidak berbahaya, kutu air dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan bahkan menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati dengan benar. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Kutu Air

Berikut ini beberapa penyebab kondisi ini dan cara mengatasinya, antara lain:
 

1. Jamur Dermatofit

Infeksi jamur dermatofit, yang biasanya tumbuh di tempat hangat dan lembab, menyebabkan kutu air. Jamur mudah berkembang di area kaki yang basah dan tertutup sepatu.
 

2. Lingkungan yang Hangat dan Lembab

Lingkungan sangat penting untuk pertumbuhan kutu air. Lingkungan yang hangat dan lembab, seperti yang sering ditemukan di dalam sepatu atau di tempat umum seperti kolam renang dan sauna, adalah tempat ideal bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang.
 

3. Kontak Kulit dengan Jamur

Kutu air dapat menyebar melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi atau objek yang terkontaminasi oleh jamur. Orang-orang yang menggunakan fasilitas umum, seperti gym atau kamar mandi umum, lebih rentan terhadap infeksi ini.
 

4. Faktor Genetik dan Imunodefisiensi

Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik terhadap infeksi jamur atau sistem kekebalan tubuh yang lemah karena kondisi seperti diabetes atau penggunaan obat imunosupresan, meningkatkan risiko terkena kutu air
 

5. Kebiasaan yang Meningkatkan Risiko

Infeksi kutu air juga dapat lebih mungkin disebabkan oleh kebiasaan tertentu, seperti tidak mengeringkan kaki setelah mandi dengan benar, menggunakan sepatu yang terlalu ketat, atau tidak mengganti kaus kaki secara teratur.


Untuk menghindari kutu air, anda dapat mencegah infeksi dengan menjaga kaki bersih, mengeringkan kaki dengan benar setelah mandi atau berenang, menghindari sepatu yang terlalu ketat, dan tidak berjalan telanjang di tempat yang lembab. Anti-jamur topikal yang diresepkan dokter juga dapat membantu mengobati infeksi yang sudah ada.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/athletes-foot/symptoms-causes/syc-20353841

https://www.nhs.uk/conditions/athletes-foot/

https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/disease/athletes_foot.html

 

YesDok Ads