PENYEBAB KANKER USUS BESAR, WASPADAI YUK

April 29, 2024 | Dea

kanker usus besar, gejala kanker usus besar, penderita kanker usus besar, penyebab kanker usus besar, kanker usus besar gejala, ciri ciri kanker usus besar, kanker usus besar stadium 4, yesdok

Sobat Yesdok, Kanker usus besar, juga dikenal sebagai kanker kolorektal, adalah kanker yang terjadi di usus besar (kolon) atau rektum. Biasanya, kanker ini dimulai dengan polip, pertumbuhan sel abnormal pada lapisan usus besar, yang jika tidak diobati dapat berubah menjadi kanker. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Kanker Usus Besar

Berikut adalah beberapa penyebab kanker usus besar beserta penjelasannya, antara lain:
 

1. Faktor Genetik

Beberapa mutasi genetik yang dapat diwariskan dalam keluarga, seperti familial adenomatous polyposis (FAP) dan hereditary non-polyposis colorectal cancer (HNPCC), meningkatkan risiko kanker usus besar.
 

2. Polip Kolon

Polip adalah pertumbuhan kecil yang terjadi di dinding usus besar. Beberapa jenis polip, terutama adenoma, dapat berubah menjadi kanker jika tidak dihilangkan. Polip dapat dideteksi dan dihilangkan dengan pemeriksaan rutin seperti kolonoskopi.
 

3. Diet dan Gaya Hidup

Makan daging merah dan daging olahan yang banyak dan kurang serat dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Gaya hidup yang kurang aktif dan obesitas juga terkait.
 

4. Merokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Kedua kebiasaan ini menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal yang dapat menjadi kanker.
 

5. Penyakit Inflamasi Usus

Penyakit inflamasi usus, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulseratif, dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Penderita penyakit ini sering memerlukan pemantauan yang lebih ketat untuk mendeteksi tanda-tanda kanker usus besar.

Dengan memahami penyebab kanker usus besar dan mengadopsi gaya hidup yang sehat, kita dapat mengurangi risiko terkena kanker ini. Untuk mencegah kanker usus besar, pemeriksaan rutin dan deteksi dini sangat penting.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10569084/

https://www.wcrf.org/diet-activity-and-cancer/cancer-types/colorectal-cancer/

https://www.cancer.org/cancer/types/colon-rectal-cancer/causes-risks-prevention/what-causes.html

YesDok Ads