PENYEBAB DACRYOSTENOSIS: SUMBATAN SALURAN AIR MATA PADA BAYI

September 11, 2023 | Dea

Dacryostenosis, matalengket, bayi

Sobat YesDok, anda pasti pernah mengalami mata terasa lengket dan kelopak mata sulit untuk di buka. Hal ini juga umum terjadi pada hewan yang seperti anak kucing. Anda pasti pernah melihat induk kucing menjilat mata anaknya yang tidak bisa terbuka karena kotoran mata.

 

Kejadian tersebut juga sering di alami oleh bayi yang baru lahir loh sobat YesDok. Anak bayi rentan mengalami kelopak mata yang lengket. Hal ini, menyebabkanya menjadi tidak nyaman dan sering mengamuk dan merengek.

 

Penyebab Mata Bayi Lengket 


 

Pastinya menjadi seorang ibu anda akan merasa panik dan berusaha membuka mata lengket tersebut dengan mengelapnya menggunakan tissue. Namun, anda perlu tahu hal ini justru akan menyebabkan iritasi pada kulit disekitar mata anak anda sobat YesDok.
 

Dacryostenosis merupakan peristiwa penyumbatan pada sisem ekskresi tubuh. Hal yang umum terjadi yaitu penyumbatan pada saluran air mata. Hal ini khususnya sering terjadi pada bayi yang sering kali menangis. Hal ini akan mengganggu sistem ekskresi dan menyebabkan menimbunnya air mata pada puncta (lubang yang terletak di permukaan kelopak mata).
 

Gesekan kuat dan terlalu sering pada area mata bayi yang cenderung sensitif akan menyebabkan luka dan kemerahan pada kulitnya. Anda perlu tahu terlebih dahulu penyebab dari kondisi yang dialami anak anda. Simak lebih lanjut penyebabnya antara lain :

 

  • Kelaianan pada anatomi di saluran air mata
  • Terjadinya Infeksi atau peradangan
  • Timbulnya Tumor
  • Pernah mengalami cedera pada mata dan tulang hidung
  • Efek radioterapi
  • Iritasi pada obat tetes mata
  • Bayi tidak mengeluarkan air mata hingga beberapa minggu


 

Anda perlu lebih cermat untuk selalu mengecek serta menjaga kebersihan mata anak anda secara rutin. Perhatikan resiko dari gejala lainnya yang mungkin terjadi agar terhidar dari komplikasi pada bayi anda. 
 

Oleh kerena itu, anda perlu membersihkan mata bayi anda dengan beberapa langkah lainnya pada artikel berikut. Sehingga bayi anda lebih nyaman dan dapat mengurangi rengekannya. Anda pun dapat beristirahat dengan tenang karena kesehatan anak anda teratasi.
 

 

REFERENSI

 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK563132/

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=blocked-tear-duct-dacryostenosis-90-P02081

https://kmu.id/kenali-ciri-penyumbatan-saluran-air-mata-pengobatannya/

YesDok Ads