PENYAKIT KARENA SERING BEGADANG, WASPADAI YUK

April 17, 2024 | Dea

penyakit akibat begadang, penyakit begadang, penyakit sering begadang, penyakit akibat sering begadang, penyakit karena begadang, penyakit yang disebabkan oleh begadang, sakit kepala karena begadang, yesdok

Sobat Yesdok, seringkali dianggap sepele, begadang atau kurang tidur secara teratur dapat memiliki dampak serius pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Banyak dari kita mungkin tidak menyadari bahwa kurang tidur yang terus-menerus meningkatkan risiko beberapa penyakit serius. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Akibat Sering Begadang 

Berikut ini beberapa bahaya atau dampak dari kurang tidur dan penyakit yang perlu diwaspadai, antara lain:
 

1. Gangguan Metabolisme

Kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh, termasuk hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme. Ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan resistensi insulin, yang pada gilirannya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.
 

2. Masalah Kardiovaskular

Ada hubungan antara kurang tidur dan risiko penyakit jantung dan stroke. Ini karena kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah, peradangan, dan masalah kardiovaskular lainnya.
 

3. Gangguan Mental

Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan suasana hati, kecemasan, dan depresi. Kurang tidur juga dapat memperburuk kondisi mental yang sudah ada, seperti kecemasan atau depresi.
 

4. Penurunan Kinerja Kognitif

Kemampuan berpikir, belajar, dan mengingat dapat dipengaruhi oleh kurang tidur. Ini juga dapat mengganggu produktivitas sehari-hari, kinerja di tempat kerja, dan kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat.
 

5. Sistem Kekebalan Tubuh yang Melemah

Kurang tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, dan memperlambat proses penyembuhan.
 

6. Risiko Kecelakaan

Sebuah hubungan telah ditemukan antara kurang tidur dan peningkatan risiko kecelakaan kendaraan bermotor dan kecelakaan kerja, serta masalah kognitif dan penurunan reaksi karena kurang tidur dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Penting bagi kita semua untuk memprioritaskan mendapatkan jumlah tidur yang cukup setiap malam karena bahaya kurang tidur. Menciptakan rutinitas tidur yang sehat, membuat tempat tidur yang nyaman, dan menghindari kebiasaan yang mengganggu tidur dapat membantu memastikan bahwa kita mendapatkan jumlah tidur yang cukup untuk mendukung kesehatan fisik dan mental kita.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK19961/#:~:text=The%20cumulative%20long%2Dterm%20effects

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/expert-answers/lack-of-sleep/faq-20057757

https://www.sleepfoundation.org/sleep-deprivation

 

YesDok Ads