PENDERITA DIABETES HINDARI MAKANAN INI MENJELANG NATAL YUK!

December 28, 2023 | Dea

pantangan diabetes, makanan pantangan bagi penderita diabetes, pantangan makanan diabetes, pantangan penyakit diabetes, pantangan bagi penderita diabetes, pantangan untuk diabetes, yesdok

Sobat Yesdok, Natal sering dikaitkan dengan hidangan lezat dan perayaan keluarga. Menjaga kadar gula darah tetap terkendali saat bersenang-senang dapat menjadi tantangan bagi penderita diabetes. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa saran dan makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes selama musim Natal.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

Pantangan Makanan Penderita Diabetes

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak mata, antara lain:
 

1. Hindari Gula dan Pemanis Buatan Berlebihan

Untuk mencegah kenaikan gula darah, hindari minuman bersoda berkalori tinggi, permen, dan camilan manis yang berlebihan. Sebaliknya, pilih makanan dengan jumlah gula yang rendah atau gunakan pemanis buatan dengan hati-hati.
 

2. Pantau Asupan Karbohidrat

Batasi konsumsi roti putih, kentang tumbuk, dan makanan manis yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat karena makanan kaya karbohidrat, terutama yang memiliki indeks glikemik tinggi, dapat memengaruhi kadar gula darah.
 

3. Waspadai Lemak Jenuh Tinggi

Disarankan untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh, seperti hidangan yang mengandung banyak mentega atau lemak hewani. Sebaliknya, lebih baik menggunakan sumber lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.
 

4. Batasilah Konsumsi Alkohol

Jika anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar, itu dapat memengaruhi kadar gula darah. Untuk menghindari efek ini, pastikan anda tidak mengonsumsi minuman beralkohol berkalori tinggi tanpa makan.
 

5. Pilih Makanan Rendah Garam

Tekanan darah dapat dipengaruhi oleh makanan tinggi garam, yang penting bagi penderita diabetes. Mengurangi jumlah makanan olahan yang mengandung banyak garam dan beralih ke rempah-rempah.
 

6. Perhatikan Porsi Makan

Kendalikan porsi makan anda. Hindari makan terlalu banyak, terutama makanan tinggi kalori dan karbohidrat. Makan lebih sering dan makan porsi kecil dapat membantu menjaga kadar gula darah anda stabil.
 

7. Pilih Camilan yang Sehat

Untuk memenuhi rasa lapar tanpa mengganggu gula darah, gantilah camilan yang tinggi gula dan lemak dengan makanan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau sayuran.

 

Selalu penting untuk berkomunikasi dengan dokter agar dapat menentukan rencana makan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik anda. Dengan perencanaan dan pemilihan makanan yang bijak, penderita diabetes dapat tetap menikmati perayaan Natal tanpa mengorbankan kesehatan mereka.

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.diabetes.co.uk/food/diabetes-and-christmas.html

https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/eating-with-diabetes/christmas-food-and-diabetes

https://www.kinetikwellbeing.com/5-tips-manage-diabetes-this-christmas/

 

YesDok Ads