PASCA MELAHIRKAN MALAH BENCI ANAK, SIMAK CARA PENANGANAN BABY BLUES

September 04, 2023 | Dea

baby blues

Beredar video yang sedang viral di TikTok seorang ibu yang nyaris membuang anaknya di rel KAI, degan sigap petugas menahan dan berusaha menenangkan ibu yang diduga mengalami baby blues nyaris buang bayinya di rel kereta. Peristiwa ini menjadi perhatian oleh menteri BUMN Erick Tohir dengan mengantisipasi kepada publik untuk bersama-sama memperhatikan dan menjaga diri sendiri atau orang disekitar kita untuk ikut andil dalam menjaga kesehatan mental bersama.

Dikutip dari jurnal ojs.udb.ac.id bahwa Baby Blues Syndrom atau Postpartum Blues merupakan perasaan kesedihan atau kemurungan pascamelahirkan, lumrahnya hanya terjadi sementara waktu yaitu sekitar 2 hari - 3 minggu sejak kelahiran bayi (Marmi, 2012). 

Banyak faktor yang mempengaruhi seorang ibu menjadi tega untuk melakukan tindakan kejam kepada anak yang selama ini ia kandung, salah satunya berupa tekan mental dan kesenjangan sosial yang ia alami. Sehingga menyebabkan trauma berat. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan membantu keluarga atau orang lain yang terserang baby blues.

Penyembuhan Untuk Ibu

 

Tidur Optimal

Tidur adalah penyembuhan yang paling manjur bagi pederita baby blues. Tujuan dari tidur untuk merelaksasi diri dan ketegangan syaraf serta otot tubuh kita. Hal ini dapat memberikan ketenangan yang efektif serta menstabilkan mood.

Brexanolene 

Merupakan obat untuk ibu yang terserang pospartum/ baby blues, obat ini diberikan oleh tenaga medis dengan jangka 2-3 hari untuk dilakukan observasi lebih lanjut. Obat ini juga dapat menimbulkan efek samping seperti kehilangan kesadaran secara tiba-tiba bagi sebagian orang. 

Dikutip dari hopkinsmedicine.org, brexanolone adalah produk sampingan alami (metabolit) progesteron yang disebut allopregnanolone. Saat akan melahirkan, kadar hormon progesteron dalam tubuh ibu sangat tinggi. Setelah lahir, jumlah hormon ini turun tajam. Penelitian mengaitkan penurunan progesteron yang tiba-tiba ini dengan depresi pascapersalinan karena hormon tersebut bekerja di otak dan membantu menyeimbangkan suasana hati. Obat ini dapat membantu mengurangi rasa stress, sedih dan gelisah bagi sebagian orang. 

Motivasi

Motivasi merupakan hal yang utama dalam penyembuhan bagi pederita baby blues. Diperlukan dukungan dan ungkapan hati kepada orang yang dipercaya dan dipahami. Oleh karena itu konsultasi lebih lanjut dibutuhkan, yaitu dokter spesialis kejiwaan. Karena yang paling dibutuhkan adalah relaksasi diri setelah segala ketegangan yang dialami sejak melahirkan. Seorang ibu membutuhkan dukungan moral dan obat medis secara seimbang.

 

REFERENSI

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/postpartum-mood-disorders-what-new-moms-need-to-know

https://www.medscape.com/viewarticle/408688_9

http://ojs.udb.ac.id/index.php/infokes/article/view/178/158

 

YesDok Ads